Benarkah Memasak dengan Aluminium Foil Tak Aman Bagi Kesehatan Tubuh?

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Memasak dengan Aluminium Foil Tak Aman Bagi Kesehatan Tubuh?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasak atau memanggang beragam menu makanan, seperti daging, ikan, kentang, dan lainnya dengan memang dapat menghemat wantu dan praktis. Bahkan, menggunakan lembaran tipis berwarna keperakan ini membuat masakan matang secara menyeluruh namun tetap lembut.

Akan tetapi jika dilihat dari sisi kesehatan, ternyata memasak menggunakan aluminium foil membawa dampak negatif. Lantas, apa saja efek buruk dari memasak dengan aluminium foil?.

Berikut sepuluh dampak buruk memasak dengan aluminium foil bagi kesehatan Anda:

Mempengaruhi Sel Otak
Pemaparan aluminium foil yang larut pada makanan bisa mempengaruhi sel otak. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi neurologis hingga kerusakan permanen sel otak.

Menyebabkan Penyakit Alzheimer
Selain menyebabkan kerusakan sel otak, kontaminasi aluminium foil secara terus-menerus di otak juga bisa membuat Anda berisiko tinggi terkena penyakit Alzheimer.

Menimbulkan Penyakit Ginjal
Zat aluminium foil yang terakumulasi di tubuh akan menimbulkan kerusakan ginjal yang serius.

Merusak Liver
Tidak hanya ginjal, aluminium foil yang menumpuk dalam tubuh akan merusak liver. Sebab liver bekerja keras untuk mendetoks racun ini.

Membuat Tulang Keropos
Peningkatan zat aluminium dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan otak hingga membuatnya keropos.

Menurunnya Daya Ingat
Jika Anda merasa akhir-akhir ini mudah lupa, maka periksa metode memasak yang selama ini Anda lakukan. Apakah Anda sering memasak menggunakan aluminium foil?.

Karena itu ekskresi dari aluminium akan mengendap di ginjal, terbawa aliran darah ke otak, dan akhirnya mengganggu kemampuan otak untuk mengingat-ingat.

Gangguan Saraf
Paparan aluminium foil terus-menerus dalam tubuh mengakibatkan gangguan saraf dan akhirnya membuat Anda mudah gelisah, cemas, atau stres.

Asma
Apakah Anda penderita asma?. Jika ya, ucapkan selamat tinggal pada penggunaan aluminium foil untuk memasak. Sebab, zat ini bisa memperparah penyakit asma.

Nyeri Perut
Nyeri perut adalah gejala umum dari paparan aluminium foil dalam tubuh. Nyeri perut ini meliputi naiknya asam lambung atau gangguan pencernaan lain.

Kanker Usus
Paparan aluminium foil di saluran pencernaan secara konstan akan menyebabkan komplikasi serius yang lebih besar yaitu kanker usus besar.

Maka dari itu, aluminium foil sebaiknya tidak digunakan untuk proses memasak agar Anda tidak mendapatkan efek buruk di atas. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.