Benarkah Puasa Arafah Hapuskan Dosa Setahun? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.Com
Benarkah Puasa Arafah Hapuskan Dosa Setahun? Ini Jawabannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada tanggal sembilan Dzulhijjah, setiap muslim disunahkan untuk melaksankan . Pada saat itu orang-orang yang sedang ibadah haji melaksanakan wuquf di Arafah. Mereka beribadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, kita pun dianjurkan mendekatkan diri pada-Nya dengan cara berpuasa di hari itu.

Dalam sabda Rasulullah SAW dikatakan bahwa, “Puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu,” (HR. Muslim). Maksud hadis tersebut adalah menghapus dosa-dosa kecil.

Menurut penjelasan Imam An-Nawawi dalam Kitab Syarah Shahih Muslim, dosa-dosa setahun lalu akan diampuni. Dan Allah SWT menjaganya dari melakukan dosa setahun yang akan datang.

Imam Ash-Shan'any dalam Kitab Subulus Salam mengatakan, jika dia melakukan dosa tahun yang akan datang, maka ia diberi petunjuk Allah SWT untuk melakukan sesuatu yang akan menghapuskan dosa-dosa itu.

Bahwa dengan berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dapat menghapus dosa dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.(Islampos.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.