Benarkah Puasa Arafah Hapuskan Dosa Setahun? Ini Jawabannya

Wukuf di Arafah
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pada tanggal sembilan Dzulhijjah, setiap muslim disunahkan untuk melaksankan puasa Arafah. Pada saat itu orang-orang yang sedang ibadah haji melaksanakan wuquf di Arafah. Mereka beribadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, kita pun dianjurkan mendekatkan diri pada-Nya dengan cara berpuasa di hari itu.

Dalam sabda Rasulullah SAW dikatakan bahwa, “Puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu,” (HR. Muslim). Maksud hadis tersebut adalah menghapus dosa-dosa kecil.

Menurut penjelasan Imam An-Nawawi dalam Kitab Syarah Shahih Muslim, dosa-dosa setahun lalu akan diampuni. Dan Allah SWT menjaganya dari melakukan dosa setahun yang akan datang.

Baca Juga:  Suami Memukul Istri, Ini Hukumnya dalam Islam

Imam Ash-Shan’any dalam Kitab Subulus Salam mengatakan, jika dia melakukan dosa tahun yang akan datang, maka ia diberi petunjuk Allah SWT untuk melakukan sesuatu yang akan menghapuskan dosa-dosa itu.

Bahwa dengan berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dapat menghapus dosa dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.(Islampos.Com/Nurul)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.