Berat Badan Turun Drastis Tanpa Sebab? Waspadai 6 Penyakit Ini

Avatar of PortalMadura.com
Berat Badan Turun Drastis Tanpa Sebab? Waspadai 6 Penyakit Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir semua orang ingin mempunyai berat badan atau bentuk tubuh yang ideal. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai macam diet untuk mendapatkan bobot tubuh yang diharapkan.

Namun, bagaimana ketika bobot tubuh menurun secara darstis? Sebaiknya Anda harus berhati-hati, karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh yang tidak Anda sadari.

Tetapi menurunkan berat badan tanpa mencoba atau merencanakan adalah cerita lain.

Ini karena penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan atau penurunan berat badan tanpa diet atau olahraga dapat menjadi tanda masalah kesehatan.

Aturan praktis yang baik adalah menemui dokter Anda segera jika Anda kehilangan berat badan yang signifikan (lebih dari 5% dari berat badan Anda dalam 6 sampai 12 bulan).

Penurunan berat badan yang tajam adalah salah satu tanda malnutrisi, suatu kondisi di mana tubuh kekurangan nutrisi untuk menjalankan fungsinya.

Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia, dapat menjadi penyebabnya. Stres atau depresi berat juga bisa membuat Anda kehilangan berat badan.

Penyebab Tanpa Sebab

Lantas penyakit apa saja, yang bisa membuat berat badan anda turun drastis tanpa sebab? Berikut penjelasannya:

Depresi

Ketika seseorang tengah menderita depresi, maka secara tidak langsung nafsu makan akan menurun. Hal ini membuat porsi dan frekuensi makan menurun yang berakibat pada susutnya bobot tubuh.

Hipertiroidisme

Hormon tiroid yang terlalu aktif akan menghasilkan banyak hormon tiroksin. Hal ini akan mempercepat sistem metabolisme di tubuh sehingga berat badan akan turun dengan cepat, badan mudah berkeringat, serta Anda jadi mudah tersinggung.

Diabetes

Penurunan berat badan yang secara drastis dapat menjadi tanda awal dari diabetes. Ini disebabkan karena ada peningkatkan kadar glukosa di dalam tubuh sehingga membuat massa otot menyusut.

Penyakit Celiac

Penyakit celiac yang menyerang usus Anda ini mampu menyebabkan penurunan berat badan. Sebab ketika usus Anda terluka, maka akan terjadi pengurangan dalam penyerapan nutrisi.

Baca Juga: Ladies, Kenali Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC tidak hanya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Penyakit ini juga akan membuat berat badan Anda menyusut akibat virus yang berada di dalam tubuh.

Kanker

Kanker juga dapat menjadi penyebab saat berat badan Anda menurun secara drastis. Pasalnya, sel-sel kanker akan merusak sel normal di dalam tubuh dan menurunkan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Jadi, ketika berat badan Anda menurun secara drastis, alih-alih bergembira berlebihan sebaiknya Anda periksakan diri Anda.

Penyakit Gigi dan Penyakit Mulut

Sakit gigi, gusi atau sariawan tidak secara langsung menyebabkan penurunan berat badan. Namun, kondisi ini dapat mengganggu proses mengunyah dan menelan makanan, sehingga sulit untuk makan.

Efek samping obat

Pengobatan jangka panjang dapat mempengaruhi berat badan. Ini bisa menjadi efek samping dari mual dan nafsu makan yang menurun karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Salah satu obat dengan efek samping yang menyebabkan penurunan berat badan adalah kemoterapi.

Selain itu, penyalahgunaan zat dan kebiasaan minum juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.