oleh

Berawal Dari Alergi Hingga Sebabkan Kematian

PortalMadura.Com – Anda pernah mengalami gatal-gatal, kulit badan merah-merah dan bibir bengkak karena mengkonsumsi makanan laut sejenis Seafood? jika iya, berarti anda sedang mengalami Alergi makanan Seafood. Jenis makanan ini berupa lobster, cumi-cumi, ikan kakap, kerang, udang, kepiting, maupun tiram.

Alergi merupakan hal yang tidak normal yang diterima oleh sistem kekebalan tubuh terhadap protein hewan laut tertentu, dan tidak semua orang yang mengalami reaksi Alergi terhadap semua jenis makanan Seafood. Reaksi yang muncul juga bermacam-macam, mulai dari gejala yang ringan hingga menyebabkan kematian.

Alergi Seafood juga bisa terjadi lantaran adanya racun yang terdapat dalam makanan Seafood, misalnya saat mengkonsumsi makanan Seafood yang tidak segar dan tidak dibersihkan kotorannya. Seperti kotoran udang terdapat pada usus yang berbentuk benang hitam pada area punggung. Area itulah yang kerap membuat orang mengalami Alergi saat mengonsumsi udang.

Jika Anda mengalami gejala Alergi selepas mengkonsumsi makanan Seafood, sebaiknya dikonsultasikan dengan Dokter. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya reaksi Alergi yang berkelanjutan dan merugikan dimasa yang akan datang. Dilansir dari laman Kompas.Com (11/5/2020).

Dari gatal-gatal hingga bisa mengancam jiwa
Gejala Alergi Seafood umumnya berkembang dalam beberapa menit hingga satu jam setelah makan. Anda yang mengalami gejala Alergi mungkin akan merasakan hal ini:
Gatal-gatal atau eksim (Dermatitis Atopik)
Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah dan tenggorokan.
Ngos-ngosan hingga hidung tersumbat atau sulit bernapas.
Nyeri perut, diare, mual atau muntah.
Pusing-pusing hingga pingsan.

Alergi juga dapat menyebabkan reaksi yang parah dan berpotensi mengancam jiwa. Kondisi ini dikenal dengan sebutan Anafilaksis. Tanda dan gejala Anafilaksis yakni tenggorokan berubah bengkak atau muncul benjolan di tenggorokan sehingga membuat penderita sulit bernapas, syok dengan penurunan tekanan darah yang parah, pusing atau kehilangan kesadaran.

Hindari pemicu Alergi
Satu-satunya cara untuk menghindari reaksi Alergi Seafood adalah dengan menghindari semua olahan maupun produk makanan yang mengandung makanan laut. Ada beberapa cara agar terhindar dari Alergi Seafood seperti berhati-hati saat mengkonsumsi makanan siap saji diluar rumah yang beresiko mengandung Seafood.

Rewriter : Raudatul Fitrah
sumber : Kompas.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar