oleh

Anak Anda Susah untuk Diajak Tidur? Cek Disini

PortalMadura.Com – Masalah tidur seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Bagaimana tidak, bila Anak susah tidur aktivitas orang tua akan terganggu. Tidur merupakan kebutuhan dasar bagi Anak. Saat tidur Anak mengumpulkan energinya kembali, bahkan pertumbuhan dapat terjadi saat tidur di masa Anak-anak.

Namun, terkadang Anak sulit untuk diajak tidur. Kadang Anak merasa tidur adalah suatu kegiatan yang membosankan baginya. Saat mengajak Anak pakai piyama dan segera pergi tidur malam berjalan dengan baik, ini adalah sebuah kesenangan bagi Mama karena tidak ada drama.

Tetapi ketika semuanya tidak berjalan dengan baik, wajar kalau Mama merasa khawatir untuk melihat matahari yang mulai terbenam. Melansir dari laman Popmama.com, ini beberapa alasan mengapa balita melawan waktu diajak tidur di malam hari. Seperti apa, yuk simak dibawah ini.

Dia Terlalu Bersemangat
Terlalu sering menonton TV atau tayang di YouTube, bermain hingga ekstra lelah, ada sesuatu terkait yang dia konsumsi seperti jus manis, camilan manis, pewarna dan rasa buatan, obat flu atau dosis kafein dari cola, es teh atau cokelat. Itu semua bisa membuat Anak Mama jadi terlalu bersemangat hingga energinya semakin besar. Akan sulit bagi Anak jika energinya masih banyak lalu diajak untuk pergi tidur.

Sesuatu Mengganggunya
Ada hal yang mungkin mengganggu anak. Sebagian anak yang masih terlalu kecil sulit mengutarakannya. Lampu terang, suara keras, tumbuh gigi, terlalu panas, terlalu dingin, memiliki hidung yang pengap, makan malam terlalu larut atau piyama yang gatal. Semua itu membuat anak merasa tidak nyaman dan mudah mengeluh.

Dia Usil dan Keras Kepala
Tidak ingin pergi ke kamarnya karena dia ingin melihat apa yang dilakukan orang lain. Bagi Anak yang memiliki kakak, kadang ia ingin mengganggu kakaknya dulu sebelum masuk kamar. Lalu terjadi pertengkaran karena adiknya usil. Kalau sudah begini, Mama semakin pusing.

Tidak bisa Tidur Sendiri
Anak belum belajar bagaimana tertidur tanpa Mama yang biasa mengayunnya. Begitu Mama bergerak meninggalkan kamar maka Anak akan kembali membuka mata dan marah. Dia sangat nyaman dengan Mamanya yang sudah menemaninya setiap saat, memberi makan, dan memeluknya.

Takut akan Teror di Malam Hari
Mimpi buruk biasanya terlupa begitu saja. Namun sebagian Anak mengingatnya, itu menjadi memori yang tidak menyenangkan hatinya. Dia akan melalui tahap yang menakutkan, mengalami kesulitan sendirian dan berurusan dengan hamparan kekhawatiran dari orang asing hingga anjing, bahkan ketika ada suara petir di malam hari.

Tapi apa pun alasannya, ada banyak cara untuk membantu Anak Mama untuk bisa tenang ketika waktu tidur malam tiba. Itulah beberapa alasan kenapa Anak susah diajak tidur di malam hari. Lakukan rutinitas yang sama menjelang tidur, agar anak paham tanda-tandawaktunya tidur dari kegiatan yang ia lakukan di malam hari. Selamat mencoba Mama?

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar