Berharap Keinginan Lekas Terkabul? Coba Dengan Cara Mendoakan Orang Lain

Avatar of PortalMadura.Com
Berharap Keinginan Lekas Terkabul? Coba Dengan Cara Mendoakan Orang Lain
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tiada hari tanpa . Begitulah sejatinya seorang Muslim yang selalu butuh akan Allah SWT dalam setiap langkah hidupnya. Doa bisa dijadikan sebagai wasilah atau sarana untuk mencapai keinginan yang hendak dicapai.

Doa yang ikhlas, dilakukan dengan adab-adab berdoa dan yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkannya. Jangan sekali-kali berputus asa di dalam berdoa karena Allah Maha Pendengar atas doa-doa hambaNya.

Manusiawi jika kadang-kadang kita cenderung berurusan dengan Allah dengan cara yang tidak sabaran. Menginginkan apa pun yang kita minta kepada-Nya tanpa rasa sabar. Bahkan menjadi frustrasi jika Allah tidak menjawab doa-doa kita.

Padahal, doa akan selalu dikabulkan asalkan itu dibuat dengan kesungguhan, kesabaran dan keimanan.

Ada salah satu tips agar doa kita mudah terkabul. adalah dengan cara . Dengan kita mendoakan orang lain, kita akan mendapatkan doa serupa dari malaikat. Sedangkan doa malaikat karena mereka tidak pernah melakukan dosa pasti akan dikabulkan oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Tidak ada seorang hamba Muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat ‘Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu,” (HR Muslim: 4094).

Menurut Muhammad Abdul Baqi, yang dikehendaki oleh kata “zhahrul ghaib” dalam redaksi hadits di atas adalah tanpa sepengetahuan orang yang didoakan. Jadi, apabila kita mendoakan orang lain secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang yang kita doakan, selain doa tersebut bermanfaat bagi dia, juga bermanfaat bagi pribadi kita sendiri sebagaimana isi doa yang kita panjatkan untuk orang lain tersebut tanpa berkurang sama sekali.

Mengapa mendoakan perlu tanpa sepengetahuan orang yang didoakan? Rahasianya adalah bahwa orang yang mendoakan secara diam-diam tentu lebih ikhlas tanpa mengharap imbalan apa pun dari orang yang didoakan.

Oleh karena itu, semakin banyak kita mendoakan orang lain, malaikat semakin banyak pula mendoakan kita sebagaimana diriwayatkan dari hadits di atas. Semoga apa yang kita harapkan akan terkabul. Semoga bermanfaat. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.