Berikut 4 Dampak yang Akan Terjadi Jika Ibu Hamil Hirup Asap Rokok

Avatar of PortalMadura.com
Berikut 4 Dampak yang Akan Terjadi Jika Ibu Hamil Hirup Asap Rokok
Ilustrasi (id.theasianparent.com)

PortalMadura.Com – Kandungan kimiawi pada bahkan bisa menempel di dinding atau perabotan rumah selama bertahun-tahun. Meski tidak terlihat, asap tersebut masih dapat terhirup oleh banyak orang, tak terkecuali ibu hamil.

Asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pada janin yang dikandungnya.

Berikut beberapa risiko yang mungkin dapat terjadi apabila ibu hamil menghirup asap rokok, seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (14/1/2021):

Keguguran

Bahan kimia yang terkandung di dalam rokok akan masuk ke aliran darah ibu hamil dan janin. Hal tersebut bisa mengganggu perkembangan janin, menimbulkan kelainan genetik atau cacat bawaan lahir, hingga berujung pada keguguran.

Bayi Lahi Dengan Berat Badan Rendah

Ada beberapa hal yang bisa menyebaban bayi terlahir dengan berat badan kurang, salah satunya ketika masih dalam kandungan sudah terpapar asap rokok. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan pernapasan, infeksi, hipotermia, gangguan otak, masalah pada saluran cerna, dan kekurangan gula darah.

Bayi Lahir Prematur

Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok berisiko tinggi untuk melahirkan . Bayi yang dilahirkan sebelum waktunya ini bisa terkena masalah kesehatan yang serius. Selain itu, merokok dekat ibu hamil juga bisa mengganggu kesehatan paru-paru janin. Hal ini membuatnya berisiko mengalami gangguan pernapasan.

Mendadak

Ini merupakan kondisi ketika bayi meninggal secara mendadak saat sedang tidur, padahal sebelumnya dia terlihat baik-baik saja. Bayi bisa saja terkena sindrom kematian bayi mendadak salah satunya ketika sering menghirup asap rokok.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.