oleh

Terapkan 5 Cara Ini Agar Usaha Anda Tak Rugi di Masa Pandemi

PortalMadura.Com – Menjalankan usaha kadang tak semulus rencana yang diharapkan. Kadang ada saja hambatan, yang membuat usaha yang digeluti harus menerima kegagalan. Setiap orang pasti ingin usahanya sukses dijalankan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Usaha Anda akan berjalan dengan baik ketika Anda memiliki strategi usaha yang bagus. Dilansir dari laman Fimela.Com, 14/1/2021), berikut cara agar usaha yang Anda jalankan tidak rugi selama masa pandemi:

Perhatikan Kondisi Keuangan

Pastikan seberapa besar likuiditas yang dimiliki dan seberapa lama likuiditas tersebut bisa menjamin keberlangsungan bisnis yang dimiliki. Selalu lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis, lebih-lebih di masa seperti sekarang ini. Sebab, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi.

Pastikan Status Aset dan Utang

Kurangi jumlah aset dengan jumlah utang. cek semua status aset dan jumlah utang. Karena hal ini berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang Anda jalani.

Rencanakan Bisnis Baru

Tujuannya agar bisa meningkatkan kemampuan usaha, terutama dalam bertahan saat kondisi keuangan sulit. Rencana tersebut dapat diimplementasikan dengan membuat strategi pemasaran, distribusi, sistem pemodalan, hingga pola pengeluaran.

Selalu Catat Pola Pengeluaran

Catat semua yang berkaitan dengan upah atau gaji para pekerja. Kemudian sebagian uang Anda alihkan sebagai modal tambahan ataupun untuk investasi.

Terapkan Manajemen Risiko

Hal ini penting dilakukan untuk menghadapi potensi kerugian yang mungkin bakal terjadi akibat beragam risiko bisnis. Anda perlu menganalisa risiko apa saja yang bakal terjadi.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Fimela.Com

Komentar