oleh

Berikut 5 Cara Mengurangi Minyak pada Wajah Secara Alami

PortalMadura.Com – Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceus. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak. Minyak pada wajah seringkali menjadi masalah bagi setiap perempuan yang menggunakan makeup. Karena akan mengganggu penampilan kita. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal seperti ini bisa diatasi dengan mudah.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (7/12/2020), berikut cara mengurangi minyak pada kulit wajah:

Rajin Cuci Muka

Mencuci wajah secara teratur akan mengurangi jumlah minyak yang ada pada kulit wajah. Anda juga perlu ingat untuk tidak menggunakan sabun pencuci muka dengan pewangi atau tambahan bahan kimia lainnya yang akan mengiritasi kulit. Memilih pembersih wajah yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal pada kulit Mama. Jangan sampai Anda mencuci muka secara berlebihan atau terlalu kasar karena hal itu dapat membuat wajah memproduksi minyak lebih banyak.

Gunakan Blotting Paper

Ketika Anda merasa bahwa kulit wajah mulai mengeluarkan minyak berlebih dan terasa sangat licin, gunakan kertas minyak untuk menguranginya. Gunakanlah kertas minyak sesuai dengan kebutuhan yang ada agar minyak bisa berkurang. Jangan menggunakan kertas minyak terlalu banyak tiap harinya karena itu akan membuat kulit wajah Anda terlalu kering. Menggunakan kertas minyak diwajah dapat dilakukan sesekali sebagai upaya sederhana untuk menghilangkan kilau berlebih dan menjaga riasan yang Anda pakai tetap utuh.

Gunakan Madu

Untuk menghilangkan bakteri dan minyak berlebih, Anda bisa memanfaatkan madu yang ada di rumah. Madu secara alami bersifat antibakteri sehingga mampu membantu mengunci kelembapan pada kulit. Anda hanya perlu mengoleskan madu diwajah dan diamkan selama beberapa menit, hingga kemudian dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan madu organik ataupun madu mentah.

Gunakan Oat Sebagai Anti Inflamasi Alami

Selain dipakai untuk menu sarapan, ternyata oat juga bisa membantu Anda untuk mengurangi minyak berlebih. Anti inflamasi yang ada pada oat akan membantu menenagkan kulit wajah. Seperti membuat oatmeal pada umumnya namun tanpa topping, Anda bisa membiarkannya hingga mendingin baru kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 20 menit. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan pelembab untuk mengunci hasil dari oat yang ada di wajah Anda.

Gunakan Masker Lidah Buaya

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit yang terbakar sinar matahari, lidah buaya juga mampu mengobati jerawat dan dapat membantu penyembuhan kulit. Jika wajah teriritasi akibat siklus seperti berminyak-kering-lalu berminyak, maka lidah buaya bisa membantu menenangkan kondisi kulit tersebut.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar