oleh

Berikut 6 Cara Mengatasi Ketombe Bagi Perempuan Berhijab

PortalMadura.Com – Ketombe pasti dialami bagi setiap orang, baik yang selalu menggunakan hijab bahkan sekalipun yang tidak menggunakan hijab. Tetapi bagi hijabers atau perempuan yang sering memakai hijab kemungkinan muncul ketombe semakin meningkat, karena kondisi kepala yang tertutup sepanjang hari. Tentunya hal ini mengganggu penampilan Anda, sebab ketombe biasanya juga disertai dengan rasa gatal di kulit kepala yang membuat gemas dan kesulitan mengontrolnya.

Selain faktor produk sampo, jenis kain yang digunakan bagi perempuan berhijab akan sangat memengaruhi kesehatan rambut. Ketombe biasanya ditandai dengan kulit kepala berminyak, bintik putih di sekitar rambut, hingga kepala terasa gatal. Faktor lain yang bisa menjadi penyebab ketombe, seperti kulit kering, iritasi, dan jarang keramas.

Dilansir PortalMadura.Com dari laman Klikdokter.Com, Kamis (22/10/2020), berikut 6 cara mengatasi ketombe bagi perempuan berhijab:

Mengelola Stres dengan Baik

Terlalu banyak pikiran atau stres akan dapat memengaruhi kesehatan Anda, tak terkecuali kesehatan rambut dan kulit kepala. Stres dapat memicu ketombe dan memperburuk gejala yang ada.

Selain menghindari stres, Anda juga harus mengurangi stres pada rambut dan kulit kepala. Seperti tidak menggunakan dalaman hijab yang terlalu ketat, atau memilih kain hijab yang mudah menyerap keringat.

Sempatkan Kepala untuk Terpapar Sinar Matahari

Selalu sempatkan kepala Anda untuk mendapat paparan sinar matahari di pagi hari. Setelah keramas, sebelum menggunakan hijab sepanjang hari, Anda harus benar-benar mengeringkan rambut. Cobalah untuk duduk di bawah jendela dan biarkan sinar matahari yang masuk ke kamar Anda ikut menerpa kulit kepala. Namun, Anda harus memerhatikan dosis dari sinar matahari ini. Sebab terlalu banyak terpapar sinar matahari pun tak baik. Paparan sinar ultraviolet berlebih dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Rutin Keramas

Salah satu cara mencegah ketombe bagi perempuan berhijab yang kulit kepalanya cenderung tertutup sepanjang hari, adalah dengan rutin keramas. Memproduksi minyak merupakan fungsi normal kulit kepala. Namun, jika tidak rutin dibersihkan, maka minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat memerangkap kotoran bahkan kuman. Jadi, jangan sepelekan cara mengatasi ketombe yang satu ini.

Memilih Sampo yang Tepat

Cara mengatasi ketombe yang satu ini juga perlu diperhatikan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kepala berminyak. Usahakan Anda keramas setiap hari agar minyak tak bertumpuk di kulit kepala. Anda juga harus menggunakan produk sampo yang sesuai untuk kulit kepala Anda.

Ada beberapa jenis sampo yang memiliki kandungan ampuh untuk mengusir ketombe. Misalnya, jenis sampo yang mengandung zat antibakteri dan antijamur yang berfungsi mengurangi jamur di kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe.

Mengeringkan Rambut dengan Saksama

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan perempuan berhijab adalah langsung memakai hijab saat rambut belum sepenuhnya kering. Pastikan Anda telah mengeringkan rambut dengan baik. Karena rambut basah akan menyebabkan kulit kepala menjadi lembap dan menjadi salah satu faktor risiko munculnya ketombe.

Memilih Jenis Hijab yang Tepat

Salah satu cara mencegah dan mengatasi ketombe yang penting namun sering luput dari perhatian hijabers adalah pemilihan jenis hijab yang tepat. Hijab berbahan katun atau sutra dapat membantu menjaga sirkulasi udara yang baik di area kepala sehingga tidak mudah berkeringat. Tentunya, hal ini akan membantu mencegah kulit kepala menjadi gatal dan munculnya ketombe.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.