oleh

Berikut Fakta Seputar Penyakit Ain Dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Penyakit ain itu nyata adanya, penyakit ain bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak kecil. Ain adalah penyakit atau gangguan yang disebabkan pandangan mata.

Pandangan mata bisa menyebabkan orang lain sakit, atau bahkan meninggal. Tentunya penyakit ain ini begitu berbahaya dan menakutkan. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahkan tidak mempercayai adanya penyakit tersebut.

Rasulullah bersabda, artinya: “Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa.” (HR. Muslim No. 2188)

Dilansir dari laman News.Detik.Com, Jumat (2/10/2020), berikut fakta penyakit ain yang harus diketahui:

Pengertian

Penyakit ain dalam islam adalah pengaruh dari pandangan hasad atau dengki dari seseorang. Sehingga orang yang dipandang bisa mengalami gangguan berupa penyakit, kerusakan, hingga kematian.

Dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah:

Artinya: “Ain dari kata ‘aana – ya’iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut.” (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271)

Penyebab

Penyakit ain disebabkan oleh sifat hasad atau iri dengki terhadap nikmat yang dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu, Allah meminta agar umat islam untuk berlindung dari sifat hasad.

Dalam Alquran surah Al Falaq ayat 5, artinya: “Dan (berlindung) dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Cara Mencegah

Untuk mencegah terjadinya penyakit ain, seseorang diminta untuk selalu mendoakan keberkahan. Nabi Muhammad SAW juga meminta agar umat islam saling menjaga tali silaturahmi sehingga tidak timbul penyakit hasad.

Dalam Alquran surah Asy-Syura ayat 30, Allah SWT berfirman:

Artinya: “Dan musibah apa pun yang menimpamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).”

Cara Mengobati

Cara mengobati penyakit ain dilakukan dengan bertawakal kepada Allah. Sebab, hanya Allah SWT yang dapat menyembuhkan semua penyakit dalam tubuh.

Berdasarkan Alquran surah At-Tagabun ayat 11, Allah SWT berfirman:

Artinya: “Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Semoga kita semua bisa dilindungi dan dijauhi oleh Allah SWT dari penyakit ain.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : News.Detik.Com

Komentar