Berikut Manfaat Daun Suji Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Berikut Manfaat Daun Suji Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (sehatq.com)

PortalMadura.Com () merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan.

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, daun suji juga diyakini memiliki potensi menjadi obat tradisional. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (28/5/2021), berikut untuk kesehatan:

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan senyawa flavonoid yang banyak dalam daun suji juga memiliki peran penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kanker.

Meredakan Nyeri Haid

Sebagian perempuan mungkin sering mengalami nyeri perut (dismenore) sebelum atau pada saat menstruasi. Anda bisa memanfaatkan daun suji sebagai obat alami untuk meringankan rasa nyeri tersebut. Ambil daun suji yang segar sekitar 20 gram, bersihkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya. Setelah itu, saring air rebusan dan dinginkan. Anda bisa minum air daun suji ini sebanyak 1 gelas sehari untuk meredakan nyeri haid.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Ekstrak daun suji juga telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal di beberapa daerah di Indonesia untuk mengatasi keluhan pernapasan, seperti sesak napas dan batuk. Ekstrak daun suji dalam membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan, seperti Strepcoccus pneumoniae (penyebab pneumonia) dan Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC).

Meredakan Gejala Syok Anafilaktik

Syok anafilaktik adalah gejala reaksi alergi berat dan mengancam jiwa yang disebabkan oleh respons berlebihan sistem imun tubuh terhadap suatu pemicu, misalnya makanan atau obat-obatan. Kandungan flavonoid yang tinggi pada daun suji dapat menurunkan gejala syok anafilaktik.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. Dengan khasiat ini, Anda juga akan terlindungi dari banyak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.