oleh

Konsumsi 6 Makanan Ini Ampuh Mempertajam Penglihatan

PortalMadura.Com – Tanpa sadar kita sering melakukan hal-hal yang dapat menurunkan kesehatan mata. Seperti membaca dalam jarak terlalu dekat, terlalu lama menatap layar komputer dan smartphone, membaca sambil tiduran, hingga kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat. Jika penglihatan sering kabur, bisa jadi Anda kekurangan nutrisi penunjang. Makanan punya pengaruh besar meningkatkan kesehatan mata, terutama dalam menunjang kemampuan untuk melihat.

Dilansir dari laman Idntimes.Com, Jumat (12/6/2020) berikut enam jenis makanan yang meningkatkan kesehatan mata dan mempertajam penglihatan.

iklan pilbup

Kale
Kale merupakan sumber beta-karoten yang baik dan merupakan kombinasi terbaik dari lutein dan zeaxanthin yang baik untuk penglihatan. Selain itu, sayuran berdaun hijau seperti kale juga kaya akan nitrat, yang merupakan prekursor oksida nitrat yang meningkatkan sirkulasi.

Jagung
Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa meningkatkan kesejahteraan mata. Untuk itu, Anda bisa membiasakan untuk mengonsumsi jagung setiap hari sebagai lauk maupun pengganti nasi. kandungan lutein dan zeaxanthin dalam jagung lebih rendah daripada sayuran hijau. Akan tetapi, karena jagung termasuk salah satu superfood yang menyehatkan dan juga mudah ditemukan. Konsumsi jagung setiap hari akan mampu menajamkan penglihatan.

Wortel
Salah satu jenis sayuran ini memang terkenal dengan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Hal ini karena wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat pada wortel yaitu vitamin C dan B1, serta mineral seperti potasium dan iodin. Konsumsi wortel dapat menjaga kemampuan penglihatan meski Anda memasuki usia senja.

Makanan Kaya Vitamin C
Tak hanya vitamin A, makanan kaya vitamin C sangat baik menjaga kesehatan mata, salah satunya jeruk. Buah ini bersifat antioksidan yang dapat mencegah penurunan kemampuan penglihatan akibat bertambahnya usia dan radikal bebas.

Brokoli
Brokoli merupakan sayuran kaya serat dan vitamin C, serta mengandung lutein dan zeaxanthin yang meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin C dalam brokoli juga bisa mengurangi risiko katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah atau dengan menambahkan brokoli ke dalam masakan lainnya.

Telur
Asam lemak omega-3 pada telur dapat membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan mata kering. telur juga merupakan sumber seng yang baik, di mana asupan seng 40-80 mg/hari bersama dengan sumber antioksidan lain dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula lanjut sekitar 25 persen dan kehilangan ketajaman visual sebesar 19 persen di antara orang-orang yang berisiko tinggi mengalami kondisi ini.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar