oleh

Berikut Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok. Teh hijau bisa disajikan dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula.

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi, dapat mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, juga membantu menjaga berat badan.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (12/1/2021), berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan:

Menstabilkan Tekanan Darah

Mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau terlihat memiliki kadar tekanan darah yang lebih rendah dan terkontrol dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi teh hijau.

Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Risiko Penyakit Jantung

Teh hijau baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu menaikkan kadar kolesterol baik. Polifenol dalam teh hijau kemungkinan mampu menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus membantu menyingkirkannya.

Menurunkan Berat Badan

Teh hijau bermanfaat dalam membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Katekin yang terkandung dalam teh hijau sebagai bahan yang bertanggung jawab dalam membakar lemak tubuh.

Mencegah Diabetes

Teh hijau terpantau memiliki pengaruh yang baik terhadap penyakit diabetes. Manfaat teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin serta membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Melawan Sel Kanker

Polifenol memiliki peran dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Pada percobaan di laboratorium dan pada binatang, kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti mampu mengurangi pertumbuhan tumor. Mengonsumsi teh hijau secara rutin kemungkinan mampu menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar