Biaya Nikah Dikeluhkan, Kemenag Akan Buat Pakta Integritas

Avatar of PortalMadura.Com
Biaya Nikah Dikeluhkan, Kemenag Akan Buat Pakta Integritas
Ilustrasi (foto eriku aja)

PortalMadura.Com, – Pihak Kemenag Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan membuat pakta integritas dengan pihak Kantor Urusan Agama (KUA) dan juga para Modin yang ada di desa-desa. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dugaan pungutan liar (pungli) dalam hal yang selalu dikeluhkan oleh masyarakat.

Zayyadus  Zabibi Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kemenag Pamekasan mengatakan, sejak awal pihaknya sudah mewanti-wanti ke pihak KUA dan juga aparat desa agar biaya nikah disusaikan dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Menurut Zayyadus, sesuai aturan pernikah yang dilakukan diluar kantor KUA dan diluar jam kerja, maka biayanya hanya Rp 600 ribu. Tetapi jika akad nikah itu dilakukan di KUA dan saat jam kerja, maka gratis tidak ada biayanya.

“Jika warga ada yang membayar diatas ketentuan itu maka besar kemungkinan adalah pungli,” katanya, Rabu (15/10/2014).

Zayyadus menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan keliling kembali ke KUA dan mengumpulkan modin untuk membuat pakta integritas terkait dengan biaya pernikahan.

“Saya harus tegas ke depan agar semua perangkat yang ada menjalankan aturan sebagaimana mestinya. Salah satunya kita akan membuat pakta integritas,” jelasnya.

Zayyadus menambahkan, dengan adanya pakta integritas antara Kemenag dan pihak KUA dan juga Modin, yang efek hukumnya jelas maka diharapkan ke depan tidak ada pungli soal biaya nikah. Dan semua aparat di lingkungan Kemenang bisa melaksanakan keputusan menteri agama dan PP Nomor 48 Tahun 2014 terkait dengan biaya nikah.

“Kita juga meminta semua pihak aktif melaporkan jika ada pungutan dan memberatkan warga segera memberikan informasi yang jelas,” pungkasnya. (reiza/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.