oleh

Tembakau Pamekasan Terserap 15 ribu Ton

PortalMadura.Com, Pamekasan – Meski masih belum turun hujan dan cuaca masih panas, tetapi pembelian tembakau di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sudah tidak ada lagi. Semua gudang perwakilan yang ada di Pamekasan sudah menghentikan pembeliannya atau tutup.

Bambang Edy Suprapto, Kepala Disperindag Pemkab Pamekasan mengatakan, laporan terakhir dari semua gudang yang melaksanakan aktivitas pembelian tembakau dengan perorangan yang juga melakukan pembelian tembakau, totalnya mencapai 15 ribu ton lebih.

“Sedikitnya ada delapan perwakilan gudang tembakau di Pamekasan yang melakukan pembelian tembakau, seperti PT Gudang Garam dan PT Bentoel Prima dan yang lainnya,” katanya, Rabu (15/10/2014).

Selain itu, menurut Bambang, ada juga pembelian pribadi yang cukup membantu terhadap petani tembakau. Yang tercatat di Diperindag Pamekasan ada 33 orang.

“Pembelian pribadi itu juga cukup banyak ada yang mencapai 880.000 kilogram, ada yang hanya membeli 1.480 kilogram,” jelasnya.

Bambang menjelaskan, secara umum harga tembakau tahun ini cukup bagus dan serapannya juga cukup banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Baiknya harga tembakau tahun ini ditandai dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Secara umum aman dan masyarakat nyaman meskipun harganya ada yang Rp 15 ribu hingga Rp 42 ribu,” ujarnya. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE