Bibir Kering Saat Puasa? Lakukan 6 Cara Mudah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bibir Kering Saat Puasa? Lakukan 6 Cara Mudah Ini
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Dehidrasi biasanya akan dialami orang yang berpuasa. Karena tubuh tidak mendapat pasokan air kurang lebih selama 13 jam. Hal ini, salah satunya akan berdampak pada bibir yang menjadi kering dan pecah-pecah.

Sehingga Anda harus tahu cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa. Agar penampilan Anda menjadi kurang maksimal. Lantas apa yang dilakukan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut cara ampuh mengatasi bibir kering saat .

Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Makan Buah yang Mengandung Banyak Air

Agar tubuh kembali terhidrasi setelah kehilangan cairan selama berpuasa, maka Anda perlu menggantinya kembali dengan asupan air putih yang cukup .

Anda bisa menggunakan metode 2-4-2, di mana Anda meminum dua gelas air saat berbuka, empat gelas air sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur.

Anda juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti buah pir, jeruk, semangka, dan lain-lain.

Hindari Minuman Berkafein Saat Buka dan Sahur

Untuk sebagian orang, kopi merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap pagi. Namun, mengonsumsinya saat buka atau sahur justru dapat membuat kelembapan kulit jadi berkurang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menghindari minuman yang satu ini atau setidaknya membatasi konsumsinya sebanyak satu cangkir saja.

Sebagai gantinya, Anda juga bisa mencoba teh chamomile atau teh hijau yang lebih sehat untuk tubuh saat berpuasa.

Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan eksfoliasi bibir guna menyingkirkannya.

Lakukanlah sebanyak satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka. Anda bisa menggunakan madu yang dicampur dengan gula untuk melakukan scrubbing.

Aplikasikan Madu Sebelum Tidur

Madu telah dikenal ampuh dalam melembapkan kulit, termasuk bibir. Oleskanlah tiap malam sebelum tidur, agar bibir menjadi lebih halus dan lembut.

Bukan hanya dapat menyingkirkan bibir kering, madu juga bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan merah, lho. Namun perlu diperhatikan, gunakanah madu asli atau yang organik, ya!

Hindari Makanan Asin dan Pedas Saat Berbuka dan Sahur

Makanan asin yang mengandung garam tinggi dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Sedangkan makanan pedas dapat membuat tubuh kehausan sepanjang hari.

Jadi, untuk mencegah bibir kering dan batal puasa di tengah hari karena rasa haus yang tidak bisa ditahan, hindarilah kedua makanan ini saat puasa, ya.

Menggunakan Lip Balm Secara Rutin

Yup, ini merupakan senjata andalan untuk bibir kering yang harus selalu Anda gunakan, terutama jika Anda selalu memakai lipstik dan berada di ruangan ber-AC.

Gunakanlah lip balm atau pelembap bibir yang mengandung jojoba oil atau vitamin E yang dapat melembapkan bibir secara maksimal.

Hindari Menjilat Bibir

Menjilat bibir tidak akan membuatnya menjadi halus. Justru, air liur akan membuat bibir semakin kering, sehingga keadaan bibir bisa semakin memburuk.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.