oleh

Bikin Nagih Resep Tteokbokki Rumahan Ala Korea

PortalMadura.Com – Tteokbokki adalah jenis makanan yang berbahan dasar beras yang biasa disajikan dengan saus pedas. Makanan ini berasal dari Korea Selatan yang digemari di seluruh dunia. Karena harganya yang lumayan mahal dan hanya bisa dijumpai di kedai atau restoran yang ala korea, akhirnya tak sedikit para pecinta makanan ini penasaran dan banyak yang membuatnya sendiri dirumah.

Sebenarnya cara membuat Tteokbokki memang tak terlalu sulit dan bahan-bahannya juga mudah didapat. Dilansir dari laman Idnttimes.Com, (1/6/2020) berikut resep membuat Tteokbokki ala Korea.

Bahan Adonan Tteokbokki:
500 ml air panas
500 gram tepung beras
60 gram tepung kanji
Garam secukupnya

Bahan Saus:
4 sendok makan cabai bubuk
3 sendok teh gula pasir
3 sendok teh minyak wijen
2 sendok makan air panas
2 sendok teh bubuk cabai kasar
1 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh garam

Bahan Pelengkap:
2 sendok makan kecap ikan
2 sendok teh bawang putih
2 butir telur rebus
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kaldu bubuk
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Wijen secukupnya
Daun bawang secukupnya
Sosis secukupnya
Bakso seafood secukupnya

Cara Membuat:

Bikin Adonan Tteokbokki Terlebih Dahulu
Campurkan tepung beras dan kanji ke dalam mangkuk besar, lalu tambahkan garam ke dalamnya. Aduk hingga merata terlebih dahulu, sebelum menuangkan air panas secara perlahan-lahan. Setelah itu, aduk kembali sampai adonan mulai mengental dan bagi menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan menjadi panjang-panjang, seperti kue beras pada umumnya. Siapkan panci yang berisi air, lalu didihkan terlebih dahulu. Masukkan adonan kue beras yang telah dibentuk ke dalamnya dan rebus sampai mengapung. Keluarkan dari panci dan masukkan ke dalam rendaman air biasa. Diamkan selama dua jam, agar adonan jadi kenyal. Setelah itu, potong-potong kue beras menjadi beberapa bagian. Sisihkan.

Bikin Saus Menggunakan Bahan Yang Yelah Disiapkan
Aduk tepung beras dan air panas di dalam wadah kecil sampai merata. Tuang bubuk cabai ke dalamnya bersama dengan gula pasir dan garam. Setelah itu, masukkan minyak wijen dan bubuk cabai kasar ke dalam adonan tersebut, lalu aduk sampai merata.

Masak Tteokbokki Di Atas Panci Berisi Air
Panaskan air menggunakan panci, lalu masukkan saus buatan sendiri ke dalamnya. Aduk hingga merata. Tambahkan garam, gula, lada bubuk, bawang putih, kecap ikan, saus tiram, dan kaldu bubuk. Aduk kembali sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan kue beras ke dalamnya, lalu tunggu sampai sausnya meresap. Masukkan bahan tambahan lainnya, seperti telur bakso seafood, dan sosis, kemudian ratakan sampai mengental. Kalau sudah mulai matang, tambahkan taburan daun bawang bersama dengan wijen ke atasnya. indahkan ke piring, Tteokbokki siap disajikan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE