oleh

5 Cara Melatih Bayi Tidur Tanpa Di Gendong

PortalMadura.Com – Bayi yang baru lahir pada dasarnya belum memiliki pola tidur yang tetap. Pola tidur yang belum tetap ini sering kali membuat orang tua banyak meluangkan waktunya untuk begadang dengan harapan agar si kecil segera tertidur. Kebiasaan bayi yang hanya mau tidur kalau digendong sering membuat frustasi banyak orang tua. Pasti ada saat-saat di mana bayi tertidur di gendongan dan Anda ingin meletakkannya di tempat tidur agar Anda bisa beristirahat.

Dilansnir dari laman Doktersehat.Com, (1/5/2020) Beberapa tips berikut akan membantu Anda mengatasi masalah tidur bayi tanpa perlu menggendongnya.

iklan pilbup

Atur Pencahayaan Kamar
Cara menidurkan bayi tanpa digendong lainnya adalah dengan membuat cahaya kamar dalam keadaan redup. Cahaya di kamar tidur bisa memengaruhi irama sirkadian tubuh, yaitu siklus alami bangun dan tidur. Kondisi kamar yang lebih gelap memengaruhi produksi hormon melatonin, hormon yang membantu siklus tidur.

Mengatur Suhu Ruangan
Seperti halnya orang dewasa, bayi pun tidak bisa menikmati tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Cara menidurkan bayi tanpa digendong ini bisa dilakukan dengan mengatur suhu kamar dan kelembapannya.

Memberikan Pijatan Ringan
Cara menidurkan bayi tanpa digendong yang pertama adalah dengan memberikan pijatan. Pijatan membuat bayi merasa rileks dan nyaman. Bagian kaki, lengan dan perut adalah bagian tubuh yang baik untuk diberikan pijatan sebelum tidur. Lakukan pijatan sekitar 15 menit dengan menggunakan baby oil. Hentikan pijatan bila bayi terlihat rewel.

Hindari Mengayun Bayi
Saat bayi Anda sudah berusia empat bulan, sebaiknya hindari menidurkan dengan cara menggendong atau mengayun. Saat anak Anda terlihat mengantuk, baringkan saja tubuh ke tempat tidur untuk membuatnya lebih tenang.

Membuatnya Lebih Aktif Di Siang Hari
Cara menidurkan bayi tanpa digendong lainnya adalah dengan membuatnya untuk lebih aktif di siang hari. Dengan begitu, maka bayi akan kelelahan dan tidur pulas sepanjang malam. Guna meningkatkan kualitas tidur, pastikan setiap aktivitas yang ada di sekitarnya bernuansa tenang.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : doktersehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar