Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Gunakan 4 Rumus Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Gunakan 4 Rumus Ini!

PortalMadura.Com – Menentukan masa depan yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal itu paling sering terjadi bagi kamu yang baru saja lulus dari / SMK Sederajat.

Biasanya para siswa yang baru lulus tersebut akan sedikit kebingungan dalam menentukan universitas mana yang baik, jurusan apa yang mau diambil. dan mau kuliah dimana, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan jurusan ini, kamu tidak boleh sembarangan memilih atau hanya ikut arus. Karena jika salah memilih, maka bisa-bisa kamu menjadi malas kuliah sehingga waktu, tenaga, pikiran dan bahkan biaya kamu hanya akan terbuang percuma. Selain itu, salah pilih jurusan juga bisa membuat kamu tidak memiliki bayangan tentang masa depan.

Oleh karena itu, agar kamu tidak salah dalam memilih jurusan kuliah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

Hal yang Kamu Sukai

Coba renungkan, hal apa saja yang kamu sukai selama ini. Setelah kamu mengetahuinya, cobalah untuk mencari informasi tentang jurusan yang bisa menyalurkan kesukaan kamu. Dengan mempelajari atau mengembangkan hal yang memang kamu sukai, maka kamu pasti akan begitu bersemangat untuk menjalaninya sehingga tidak ada lagi kata “malas kuliah” atau “bosan kuliah”.

Cita-Cita

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan saat akan memilih jurusan kuliah adalah hal yang menjadi cita-cita kamu saat masih kecil. Cita-cita bisa dijadikan sebagai pertimbangan kamu karena hal tersebut adalah perpaduan antara keinginan dan kemampuan kamu. Oleh karena itu, cobalah untuk memikirkan kembali cita-cita kamu saat masih kecil ataupun remaja.

Bidang yang Dikuasai

Untuk pertimbangan yang satu ini, mungkin akan sulit jika kamu tidak meminta bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk bertanya kepada orang lain tentang hasil pekerjaan kamu atau bidang yang kamu kuasai. Atau bisa juga kamu mendengarkan pendapat mereka atau hasil kerja kamu, seperti misalnya masakan kamu yang rasanya enak.

Keterampilan yang Ingin Dikembangkan

Setelah tahu hal yang kamu sukai, cita-cita yang kamu miliki serta bidang yang kamu kuasai, maka sebaiknya kamu mulai berpiki apakah kamu ingin mengembangkan keterampilan tersebut. Misalnya Anda suka memasak, masakan kamu rasanya enak dan kamu memang ingin menjadi seorang koki atau paling tidak pengusaha di bidang kuliner, maka sebaiknya kamu meneruskan pendidikan kamu di sekolah memasak. (segiempat.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.