Bisa Dipakai Mandi, Ini 5 Manfaat Cuka Apel bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Bisa Dipakai Mandi, Ini 5 Manfaat Cuka Apel bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – selain sebagai bumbu dapur ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. Sehingga banyak orang menggunakan bahan ini untuk campuran mandi.

Meskipun bersifat asam, cuka apel aman digunakan asalkan tidak berlebihan. Banyak manfaat yang akan ada dapatkan jika rutin mandi menggunakan cuka apel. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri pada Organ Intim
Pada kondisi normal, bakteri hidup dalam organ intim dengan jumlah yang seimbang sehingga tidak menimbulkan penyakit. Infeksi baru akan terjadi ketika pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit jauh melebihi normalnya di organ intim.

Cuka apel dapat mencegah timbulnya infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, mandi pakai cuka apel efektif mencegah infeksi jamur Candida serta bakteri S. aureus dan E. coli.

Melembutkan Kulit
Cuka apel kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Vitamin B dapat mempercepat metabolisme sel dan merangsang pembelahan sel baru. Sementara itu, vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting bagi kesehatan kulit.

Mandi pakai cuka apel akan memberikan kedua manfaat tersebut pada kulit Anda. Kulit pun senantiasa mengalami regenerasi sel dan kelembapannya selalu terjaga. Hasilnya, kulit Anda menjadi semakin bersih, lembut, dan terasa kenyal.

Baca Juga: Ketahui, 3 Manfaat Sari Cuka Apel yang Bagus Bagi Kesehatan

Mencegah Bau Badan
Keringat sebenarnya tidak memiliki bau. Bau badan justru timbul ketika keringat bercampur dengan bakteri pada permukaan kulit. Itu sebabnya, produk deodoran bekerja dengan membasmi bakteri pada area tubuh yang paling banyak mengandung bakteri.

Anda bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mandi pakai cuka apel. Senyawa anti bakteri pada cuka apel memiliki fungsi serupa dengan deodoran, yakni membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

Mengembalikan pH Kulit
Tingkat keasaman atau pH normal kulit manusia berkisar antara 4,5 hingga 5,5. Nilai pH harus tetap seimbang untuk mencegah gangguan pada kulit. Jika pH terlalu rendah, kulit menjadi kering sehingga mudah gatal dan meradang.

Sementara jika pH lebih tinggi, bakteri dan jamur dapat tumbuh subur. Kulit Anda pun rentan terhadap infeksi. Mandi pakai cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan nilai pH sehingga kulit Anda terlindungi dari kedua gangguan tersebut.

Mencegah Eksim
Nilai pH yang sedikit asam berperan sebagai pelindung kulit dari berbagai penyebab iritasi. Jika nilai pH berubah, kulit akan kehilangan kelembapannya sehingga lebih rentan mengalami gangguan terkait peradangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita eksim memiliki pH kulit yang lebih tinggi. Tingkat pH yang seharusnya melindungi kulit akhirnya tidak bisa bekerja dengan optimal. Mandi dengan cuka apel bermanfaat agar pH kulit kembali ke nilai normal sehingga penyakit ini bisa dicegah.

Cara menggunakan cuka apel untuk mandi sangatlah mudah. Cukup campurkan 200 mililiter cuka apel ke dalam bak berisi air hangat. Berendamlah selama 15-20 menit, lalu bilas seluruh badan Anda dengan air bersih. Kebanyakan orang mungkin ragu untuk mencoba mandi menggunakan cuka apel karena bahan ini bersifat asam.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sifat asam pada cuka apel relatif aman bagi kulit selama Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.