oleh

Blustru Si Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Blustru yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ternyata tidak hanya bisa di jadikan lalapan atau alat untuk menggosok saat mencuci perabotan rumah tangga saja. Akan tetapi, blustru juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Nah, berikut ini beberapa manfaat blustru untuk pengobatan:

Mengobati bisul
Seseorang yang menderita bisul tentu merasa malu dan tersiksa dengan nyeri di bagian tubuh yang timbul bisul. Untuk membuat bisul lebih cepat matang, gunakan cara tradisional. Siapkan akar blustru, cuci dengan air mengalir. Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas saja. Cuci bisul dengan airnya yang masih hangat. Ulangi cara ini setiap hari, hingga bisul pecah dengan sendirinya.

Mengatasi haid yang tidak teratur
Menstruasi tidak teratur merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Untuk mengatasinya, gunakan cara tradisional. Ambil 4 jari buah blustru, cuci kemudian parut. Tambahkan sedikit garam dan ½ cangkir air masak, remas. Campur semua bahan, peras dan saring. Minum airnya, 3 kali sehari.

Mengatasi sesak nafas
Beberapa penyebab sesak nafas petik selembar pucuk daun blustru. Panaskan di atas api kecil hingga layu, kemudian makan daun ini sebagai lalapan. Lakukan cara ini di pagi dan sore hari.

Loading...

Meredakan sakit pinggang
Obati sakit pinggang dengan cara alami. Siapkan segenggam biji blustru, goreng dengan wajan tanpa minyak. Angkat setelah biji menjadi hangus, kemudian giling hingga berubah menjadi bubuk. Masukkan bubuk ini ke dalam botol kosong. Untuk menggunakan ramuan ini, ambil 10 gram bubuk tersebut dan tambahkan sedikit air. Aduk dan biarkan mengendap, minum airnya. Balurkan ampasnya pada pinggang yang terasa sakit.

Mengobati batuk
Bunga blustru dapat meredakan batuk bandel. Caranya, rebus 15 gram bunga blustru bersama 3 gelas air hingga mendidih beberapa saat. Tambahkan madu murni, minum saat airnya hangat.

Meredakan migrain sakit kepala sebelah
Blustru dapat mengatasi migraine, ambil akar blustru sebanyak 150 gram. Cuci dengan air bersih, kemudian potong- potong akarnya. Rebus bersama 3 gelas air, tambahkan 2 telur itik. Biarkan mendidih dan air tersisa segelas saja. Setelah airnya menjadi dingin, silahkan minum. Makan telurnya sampai habis.

Mengobati wasir
Atasi penyakit Wasir dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Selain itu, untuk mengatasi wasir secara tradisional, anda dapat menggunakan blustru. Caranya, iris-iris segenggam daun blustru, kemudian rebus dengan 8 liter air selama sekitar 10 menit. Langkah selanjutnya, penderita wasir harus berendam di dalam air tersebut saat airnya masih hangat. Cara ini harus diulangi setiap hari sampai wasir sembuh

Nah, itulah manfaat blustru untuk kesehatan. Selamat mencoba. (kinisehat.com/Diyah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar