Bokong Anda Disinggahi Jerawat? Atasi dengan 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bokong Anda Disinggahi Jerawat? Atasi dengan 5 Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tumbuhnya jerawat tidak hanya di wajah saja, bokong pun juga bisa menjadi tempat bersinggahnya permasalahan kulit yang satu ini. Sebenarnya, penyebab jerawat muncul di bokong karena beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, duduk terlalu lama, pemakaian celana yang terlalu ketat, dan lain sebagainya.

Nah untuk mengatasi jerawat di bokong, dokter kulit, Gabriel Serrano, memberikan beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, dilansir liputan6.com yang mengutip dari laman Yahoo. Apa saja?.

Berikut lima cara mengatasi jerawat di bokong:

Gunakan Scrub yang Lembut

Kebanyakan orang memanfaatkan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan scrub. Sebab, pemilihan scrub yang salah bisa menghilangkan terlalu banyak minyak alami yang terdapat di kulit Anda.

“Jadi sangat penting menjaga keseimbangan saat menggunakan scrub,” saran Serrano.

Menurutnya, produk pengelupasan sering menggunakan beberapa partikel seperti pasir, kerang, atau gula, sehingga membantu menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Apalagi, ada beberapa scrub yang bisa terlalu abrasif, terutama jika mengandung partikel dengan tepi kasar yang dapat menggaruk dan merusak kulit Anda. Sehingga hal ini bisa menyebabkan lebih banyak peradangan dan iritasi.

“Pengelupasan terlalu keras, yang cenderung biasanya kita lakukan dapat menghancurkan penghalang pelindung, yang menyebabkan kulit memerah dan teriritasi, dan setelah dihilangkan, kulit terkena racun lingkungan yang dapat menyebabkan bintik-bintik” ujarnya.

Serrano menyarankan, untuk memilih produk yang mengandung asam glikolat, yang kurang keras pada kulit. “Asam glikolat dapat digunakan untuk membantu menghilangkan tekstur kasar dengan menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan lapisan atas kulit, ”jelasnya.

Baca Juga: Ampuh! Ini 2 Bahan Alami Untuk Muluskan Kulit Boko

Rajin Membersihkan Bokong

Jerawat tumbuh di bokong bisa disebabkan karena pemiliknya yang kurang menjaga kebersihan bokong. Maka dari itu, cara terbaik untuk menghentikan tumbuhnya jerawat di area tersebut adalah menjaga folikel Anda bersih dan mencegah penumpukan bakteri.

“Sebelum mandi, cobalah duduk di atas handuk lembap atau panas karena ini akan membantu membuka pori-pori, memungkinkan pembersihan lebih dalam,” saran Serrano.

Bergerak

Duduk berlama-lama membuat bokong tidak memiliki kesempatan bernapas. Serrano menyarankan untuk mengatur alarm agar mengingatkan Anda bergerak di tempat kerja, atau berjalan-jalan di sekitar tempat kerja saat makan siang. Hal ini untuk meningkatkan jumlah langkah harian Anda.

Pilih Kain Longgar

Anda disarankan untuk menggunakan celana kain yang longgar, baik celana dalam maupun celana bagian luar, sehingga area tersebut bisa bernapas. “Cobalah untuk mengenakan pakaian yang lebih bernapas, kapan pun memungkinkan, seperti pakaian dalam dari katun karena ini akan membantu mencegah pori-pori Anda tersumbat,” tambahnya.

Segera Ganti Baju Olahraga

Usai berolahraga, Anda harus segera mengganti pakaian yang dikenakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jerawat.

“Cobalah lepas pakaian olahraga, atau pakaian yang telah berkeringat sesegera mungkin dan mandi untuk membersihkan kulit,” saran Serrano.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.