oleh

BPBD Pamekasan Himbau Masyarakat Tak Mempercayai Informasi Gempa

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan adanya informasi gempa di wilayah Madura dari sumber yang tidak jelas.

Koordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menyampaikan, apabila masyarakat ingin bertanya terkait informasi bencana atau gempa yang akhir-akhir meresahkan masyarakat silahkan bertanya kepada instansi berwenang. Seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan BPBD sendiri yang ada di empat kabupaten di Madura.

Loading...

“Kalau ada informasi gempa atau pun bencana lainnya, himbauan kepada masyarakat jangan terlalu percaya kepada berita yang sumbernya tidak jelas. Kalau pun mau bertanya tentang informasi itu, silahkan tanyakan kepada instansi yang berkompeten,” pintanya, Jumat (12/10/2018).

Budi menambahkan, sejauh ini di belahan dunia mana pun belum ada alat yang bisa mendeteksi terjadinya gempa atau kapan gempa itu terjadi. Gempat itu baru diketahui 1 menit atau 30 detik pasca gempa dengan alat teknisnya, termasuk kekuatan gempanya.

“Apalagi kurang satu hari, kurang satu jam pun itu tidak ada (tidak bisa dideteksi). Makanya kami meminta kepada masyarakat jangan langsung percaya dengan informasi-informasi yang tidak jelas,” harapnya lagi. (Marzukiy/Desy)


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar