Buah Kecil Kaya Nutrisi, Manfaat Blackcurrant Untuk Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Buah Kecil Kaya Nutrisi, Manfaat Blackcurrant Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi buah blackcurrant (liputan6.com)

PortalMadura.Com – Blackcurrant (Ribes nigrum) adalah buah yang berasal dari Eropa. Buah ini dapat tumbuh subur di tanah yang lembap. Tak hanya dikenal dengan warna hitam, buah ini ternyata memiliki warna lain, yaitu merah, merah muda, dan putih. Meski memiliki warna yang berbeda-beda, nutrisi dan manfaatnya tetap sama.

Nutrisi pada blackcurrant bisa menjaga daya tahan tubuh dan juga memelihara fungsi berbagai organ tubuh. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (23/2/2021), berikut manfaat blackcurrant untuk kesehatan tubuh Anda:

Memperkuat Imun Tubuh

Blackcurrant banyak mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat tentunya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan bernutrisi salah satunya adalah mengonsumsi blackcurrant.

Baca Juga:  8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Meredakan Peradangan

Kandungan asam gamma linolenat atau GLA di dalam ekstrak minyak blackcurrant diketahui dapat meredakan gejala peradangan tersebut. Peradangan dalam tubuh biasanya dapat menimbulkan beberapa gejala atau keluhan, seperti nyeri dan pembengkakan. Kandungan GLA efektif untuk meredakan gejala peradangan akibat penyakit tertentu, misalnya rheumatoid arthritis.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Blackcurrant mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Blackcurrant kaya akan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan antosianin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi blackcurrant dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.