Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hilangkan Komedo

Avatar of PortalMadura.com
Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hilangkan Komedo
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com atau blackhead merupakan salah satu masalah kulit yang terbentuk karena adanya penyumbatan sel-sel kulit mati dan minyak di folikel rambut pada permukaan kulit.

Biasanya, penumpukan ini kemudian bisa menonjol ke luar pori-pori dan menjadi blackhead setelah teroksidasi oleh udara.

Munculnya komedo di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Dari saking tidak tahannya melihat komedo tersebut terkadang sebagian orang memencetnya dengan alat seadanya.

Terburu-buru mengambil tindakan pada akhirnya akan berakibat pada hasil yang mengecewakan.

Nah, apabila Anda sudah melakukan banyak langkah untuk menuntaskannya, mungkin juga harus menghindari 5 kesalahan ini saat menghilangkan komedo.

5 Kesalahan Ini Saat Hilangkan Komedo

Banyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Terigu dan Olahan Susu

Komedo yang mengganggu tentu ingin segera Anda singkirkan secepatnya bukan?. Salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya banyak komedo adalah asupan beberapa makanan tertentu.

Makanan dengan kandungan terigu, produk olahan susu dan makanan dengan kandungan tinggi gula merupakan pemicu produksi hormon yang meningkatkan produksi sebum pada kulit wajah.

Selain itu, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berminyak. Ada baiknya perbanyak konsumsi bahan makanan seperti kentang, tofu, wortel, stroberi, kol dan lemon.

Menggunakan Petroleum Jelly untuk Menuntaskan Komedo

Apakah sudah benar cara Anda mengatasi komedo?. Sebagian orang mungkin menggunakan petroleum jelly untuk menuntaskan komedo. Padahal petroleum jelly terbilang tidak efektif dalam mengangkat komedo. Di sisi lain, bahan paraffin pada petroleum jelly bisa menyumbat pori-pori.

Alhasil, petroleum jelly akan menambah komedo Anda di wajah. Jadi hindari menggunakan petroleum jelly pada wajah, apalagi jika tipe kulit Anda berminyak.

Menggunakan Produk Bertekstur Padat dan Berat

Apabila kulit Anda berminyak, akan menjadi masalah jika menggunakan produk skincare bertekstur padat dan berat. Kemungkinan akan muncul masalah kulit lainnya seperti pori-pori membesar, jerawat hingga tanda-tanda penuaan dini.

Jadi sebaiknya, hindari memakai rangkaian produk dengan kriteria tersebut. Gunakanlah produk skincare watery, lightweight dan mudah meresap. Misalnya produk yang mengandung BHA, ini cukup efektif untuk exfoliating kulit Anda secara halus.

Sering Memakai Pore Strip untuk Angkat Komedo

Anda sering menggunakan pore strip?. Sebenarnya, untuk kasus pori-pori tersumbat yang lebih dalam pore strip tidak bisa menjadi solusi utama. Bahkan sejauh ini, pore strip hanya mengangkat komedo bagian atas saja yang muncul pada permukaan. Selebihnya masih tertinggal di dalam pori Anda.

Kandungan bahan lembarannya terlalu adesif untuk pori dan kulit, khususnya pada jenis kulit sensitif. Alhasil, pori-pori justru semakin melebar dan menjadi teriritasi.

Sering Memencet Komedo dengan Tangan

Apakah Anda salah satu orang yang sering merasa gemas ingin mengeluarkan isi komedo dengan cara memencet hidung?. Awas, ternyata sering memencet komedo menggunakan tangan bisa merusak kulit dan menyebabkan peradangan.

Bahkan, memencet komedo juga dapat memasukkan bakteri, minyak dan kotoran dari tangan ke pori-pori yang dapat membuat lebih banyak komedo. Selain itu, saat mengeluarkan komedo dengan sembarangan akan menjadikan pori-pori di wajah semakin terbuka lebar.

Demikianlah kelima kesalahan yang harus dihindari saat menghilangkan komedo. Sangat dianjurkan untuk rutin mencuci wajah di pagi dan malam hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.