oleh

Buah Langka dari Wonosobo Memiliki Manfaat bagi Kesehatan? Cek Disini

PortalMadura.Com – Buah Carica atau karika merupakan buah yang pohonnya hanya bisa tumbuh dan berkembang di beberapa tempat tertentu di dunia, dan salah satunya di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Carica Pubescens atau Carica Candamarcensis nama ilmiah dari buah carica ini, sejenis dengan buah papaya namun ukurannya jauh lebih kecil.

Buah carica yang berwarna hijau kekuningan saat matang dan memiliki rasa keasaman setelah matang. Banyak kandungan yang berfungsi bagi kesehatan kita, mulai dari Vitamin A,C, E dan vintamin lainnya, juga mengandung serat yang tinggi baik untuk pencernaan, kalsium dan kandungan lain yang berguna bagi kesehatan.

Manfaat buah carica bagi kesehatan begitu beragam. Buah carica memiliki bentuk pohon yang lebih pendek dan buah lebih kecil dari buah pepaya. Masyarakat sekitar dataran Dieng percaya jika buah carica hanya bisa tumbuh di daerahnya saja.

Melansir dari PortalMadura.Com dikutip oafindo.com, berikut ini ada beberapa manfaat buah carica bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Seperti apa, simak dibawah ini.

Melancarkan Proses Pencernaan
Memiliki kandungan serat tinggi pada buah carica yang berguna melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang mempunyai masalah terhadap pembuangan (BAB), buah carica bisa menjadi solusinya.

Selain itu juga bisa membantu proses penyerapan protein. Di Wonosobo, buah ini sering dimakan secara mentah untuk mengatasi masalah dalam pencernaan.

Penetralan pada Usus
Kandungan enzim papain pada buah carica memang lebih sedikit jika dibandingkan pada buah pepaya. Tetapi kandungan tersebut lebih efektif, dikarenakan hampir semua bisa diserap oleh tubuh. Selain itu enzim papain juga bisa berguna menetralkan pH dan membunuh bakteri jahat dalam usus.

Kesehatan Mata
Buah carica kaya akan vitamin A dan jumlah kandungannya lebih banyak dibandingkan dengan buah wortel. Manfaat buah carica dari kandungan ini berguna untuk menyehatkan mata terutama untuk rabun jauh.

Kesehatan Kulit
Bagi Anda yang ingin mempercantik diri, terutama untuk kesehatan kulit tidak salahnya mencoba konsumsi buah carica, dengan kandungan vitamin C dan vitamin E, yang dapat menangkal radikal bebas juga bisa menghindarkan dari kerusakan sinar UV matahari juga mengurangi kerutan pada kulit, menjaga kelembaban kulit.

Baca Juga: Longsoran Tebing Tak Rusak Konstruksi Jalan Lingkar Utara

Sumber Energi
Vitamin B kompleks pada buah carica berpengaruh penting pada proses metabolisme tubuh sehingga bisa menghasilkan energi. Manfaat buah carica ini dapat digunakan untuk mengatasi lapar sementara, sehingga cocok untuk dibawa saat berlibur, acara, dan yang lain.

Mencegah Kanker
Manfaat buah carica juga mengandung zat agrinin, dimana zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : oafindo.com

Komentar