Wisata  

Buat Kamu Pecandu Sunrise, Coba deh ke Gunung Bongkok

Avatar of PortalMadura.Com
Buat Kamu Pecandu Sunrise, Coba deh ke Gunung Bongkok
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tiga tahun terakhir ini wisata gunung memang menjadi incaran banyak orang, khususnya bagi mereka para pecinta hiking. Mereka ingin menyaksikan mahakarya Tuhan, yaitu Sunrise.

Sunrise memiliki pesona yang mampu menyihir siapa saja. Tak jarang hampir setiap orang rela bercapek-capek dahulu untuk menuju dataran tinggi demi bisa menyaksikan proses terbitnya matahari.

Bagi kamu yang kini stay di Purwakarta dan ingin menyaksikan mahakarya Tuhan  ini, coba deh datang ke Gunung Bongkok. Gunung Bongkok sendiri adalah gunung yang didominasi oleh bebatuan. Terletak di Cikandang, Purwakarta. Tingginya yang hanya 975 mdpl, membuat Gunung Bongkok cocok sekali bagi para pendaki pemula. Umumnya, pendakian menuju puncak memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Bagi para pendaki disarankan harus tetap waspada dan hati-hati, karena gunung ini memiliki medan yang cukup curam dan terjal, terutama dititik 700 mdpl, 800 mdpl dan 950 mdpl. Dan jalur tersebut menjadi sangat licin saat turun hujan.

Gunung Bongkok memiliki pesona sunrise yang mengagumkan. Memiliki dua puncak yaitu Puncak Datar dan puncak Batu Tumpuk. Kedua puncak ini sama-sama memiliki pesona yang luar biasa sekali indahnya. Sesampainya di puncak, kamu bisa menikmati harmoni cantik dari landscape kota Purwakarta yang memukau: Gunung Parang dan waduk Jatiluhur. Jika kamu ingin selfie atau foto-foto di puncak Batu Tumpuk, kamu harus siap mengantri, karena puncak Batu Tumpuk ini hanya bisa menampung 30 orang saja. Untuk menghidari hal tersebut, sebaiknya jangan ke sini saat akhir pekan atau hari libur.

Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di tempat ini yaitu; tali untuk membantu pendakian, gardu pandang dan jasa penyewaan saung bagi yang ingin camping. Untuk penyewaan saung ini disediakan bagi para pendaki yang ingin camping tapi tak membawa tenda, harga sewa sebesar Rp. 10.000. Untuk gardu pandang sendiri berada di titik 666mdpl, tepatnya di pos munclu. Gardu pandang ini biasa dijadikan spot untuk untuk foto-foto sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan alam sekitar.

Untuk menuju Gunung Bongkok, kamu bisa langsung tancap gas menuju Purwakarta, lalu lanjutkan menuju Plered. Nah dari Plered, lanjutkan lagi perjalananmu menuju Cikandang sampai tiba di Pos Munclu. Setelah tiba di Pos Munclu, lanjutkan perjalananmu untuk sampai puncak dengan berjalan kaki. Untuk bisa sampai ke Post Munclu, kamu bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Oke deh, semoga bermanfaat informasi mengenai Gunung Bangkok di purwakrta ini. Selamat hikking teman-teman. Dan tak ada bosan-bosannya untuk mengingatkan: tetaplah jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. (ngadem.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.