oleh

Bukan Cuma Ayam Betutu, 3 Makanan Khas Bali ini Wajib Anda Coba

PortalMadura.Com – Kota yang sering di kenal dengan Pulau Dewata ini yang sangat terkenal dengan pesona lautnya yang sangat luar biasa, ternyata Bali juga memiliki banyak sekali makanan khas yang rasanya sangat nikmat.

Sejauh ini Bali selalu dikenal dengan makanan khasnya yaitu ayam betutu, sebenarnya ada banyak makanan khas Bali yang rasanya tidak kalah dengan ayam betutu. Dilansir dari Idntimes.Com, Senin (29/3/2021) inilah 3 makanan khas Bali yang jarang diketahui:

Sate Lilit

Sate yang umumnya ditemukan berupa potongan-potongan daging yang ditusukkan dengan sebuah tusuk. Sementara, sate lilit lebih menyerupai gumpalan adonan yang membalut tusuk sate. Sate lilit terbuat dari daging yang dilumatkan menjadi adonan. Adonan ini lalu dibumbui dan dibakar hingga mengeluarkan aroma harum yang khas. Aroma kunyit dan serai yang dominan menjadi pemikat untuk mencicipi kuliner ini. Keunikan lainnya, meski tidak dihidangkan bersama bumbu kacang seperti sate ayam atau kambing, rasa pedas dari bumbu-bumbu yang meresap di dalam adonannya dijamin membuat lidah Anda menari.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan nasi dengan paduan lauk yang lengkap ini biasanya dikemas dengan porsi kecil. Dari segi bahasa, jinggo diambil dari bahasa Hokkien yang berarti ‘seribu lima ratus’. Ini sesuai dengan harga pasaran nasi jinggo sebelum terjadi krisis moneter di Indonesia. Versi lain menyebutkan jinggo berasal dari judul film dengan judul ‘Djanggo’ yang sangat populer kala itu. Ada juga yang menyebutkan jinggo berarti ‘jagoan’ yang dikenal sebagai pengendara motor asal Bali yang sangat menyukai nasi jinggo tersebut.

Sate Kakul

Sate kakul adalah makanan sehat yang berasal dari daerah Bali dan memiliki rasa yang sangat nikmat. Mungkin anda masih belum mengetahui jenis sate yang satu ini karena baru mendengar namanya saja masih terasa asing ditelinga. Namun ternyata sate kakul adalah sebuah makanan yang lezat dilidah dan terbuat dari kerang darah yang dimasak dengan cara dibakar seperti sate dan dibumbui dengan bumbu yang sederhana sehingga makanan ini dinamakan sate kakul. Sate kakul memiliki ciri khas rasa yang begitu pedas memang dan dapat disantap atau dipadukan dengan nasi putih.

Jika selama ini makanan khas Bali yang Anda tahu hanya ayam betutu, maka setelah membaca ini Anda sudah tahu bahwa Bali memiliki banyak sekali makanan khas yang rasanya sangat nikmat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Idntimes.Com

Komentar