oleh

Mas Tamam Sukses Promosikan Batik Pamekasan Go Internasional

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam, berkomitmen mengangkat serta mengembangkan ekonomi masyarakat. Salah satunya dari sektor batik yang menjadi kekayaan lokal bumi Gerbang Salam.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut beberapa kali menggelar event berlevel nasional dalam mempromosikan batik Pamekasan dengan mendatangkan designer dan model tingkat nasional. Hal itu dilakukan agar batik tulis Pamekasan tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal dengan ekonomi di bawah rata-rata.

Hasilnya, Puteri Indonesia 2020 yang akan tampil pada ajang miss universe di Amerika Serikat pada akhir April 2021 salah satunya akan mengenakan gaun Batik Toket Pamekasan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, batik menjadi salah satu potensi desa yang luar biasa di Pamekasan. Sejauh ini batik lokal bumi Gerbang Salam itu menjadi primadona banyak kalangan di Jawa Timur, Indonesia bahkan di kancah Internasional. Hal itu tidak lepas dari kualitas serta motif yang tidak kalah bersaing batik dari daerah lain di Indonesia.

“Di kabupaten ini ada batik tulis yang luar biasa, batik ini bukan hanya tentang kain saja. Tetapi di dalam batik banyak cerita, banyak harapan, seni dan lain-lain,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Bupati murah senyum ini menyampaikan, batik Pamekasan menjadi salah satu batik tulis terbaik di Indonesia. Pemerintah pusat telah mengakui kualitas dan karakter batik lokal Pamekasan. Sehingga, kondisi tersebut harus tetap dipertahankan agar menjadi bagian dari ciri khas yang dimiliki nusantara.

Pihaknya meminta semua pihak bergandengan tangan agar batik khas Pamekasan terus mampu bersaing dengan batik tulis lain di Indonesia. Sehingga, batik menjadi sumber ekonomi masyarakat yang mengakar dari tingkat bawah.

Bupati dengan sederet prestasi ini menyampaikan terima kasih kepada puteri Indonesia 2020, RR Ayu Maulida Putri yang sudi mengenakan batik Pamekasan di ajang internasional tersebut. Sehingga batik Pamekasan dikenal di kancah dunia.

“Kita dari Pemkab Pamekasan akan memberikan semacam selendang kecil atau syal untuk dibagikan kepada seluruh peserta yang akan kita buat khusus. Saya akan berusaha dan beberapa pilihan warna akan kita siapkan,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar