Bukan Hanya Bumbu Dapur, Kapulaga Mempunyai Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Bukan Hanya Bumbu Dapur, Kapulaga Mempunyai Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi (lemonilo.com)

PortalMadura.Com – Rempah-rempah yang berasal dari India ini telah digunakan sejak dulu sebagai bumbu masakan. memiliki rasa yang sedikit pedas sehingga cocok ditambahkan ke dalam makanan. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang dihasilkan dari biji tanaman keluarga Zingiberaceae atau yang lebih dikenal dengan jahe-jahean.

Dilansir dari laman Bola.Com berikut ini beberapa bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kapulaga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri guna menghambat kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput, dan mencegah penuaan dini. Rempah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencerahkan kulit. Kapulaga juga mengandung senyawa yang bersifat anti-bakteri dan antiseptik.

Di sisi lain, kapulaga memiliki kandungan yang mampu mengatasi masalah kulit lainnya, termasuk bisul. Bisul adalah salah satu masalah pada kulit yang menganggu aktivitas dan mengurangi rasa percaya diri.

Menyehatkan Paru-Paru

Sebuah penelitian di Universitas Nitte di Mangalore, India, menemukan bahwa sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, kapulagai sudah banyak digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Mengatasi Masalah pada Gigi dan Mulut

Kapulaga sering dijadikan obat tradisional untuk mengatasi bau mulut. Bahkan sebuah pabrik permen karet Wrigley menggunakan rempah-rempah ini pada salah satu produknya. Rempah-rempah tersebut memiliki kemampuan melawan bakteri pada mulut yang juga menyebabkan gigi berlubang.

Kandungan antioksidan dalam kapulaga juga terbukti ampuh mengobati sakit gigi. Selain menyegarkan napas dan menyehatkan gigi, kapulaga juga bisa meredakan sariawan dan radang tenggorokan.

Melancarkan Pencernaan

Kapulaga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Setiap satu sendok kapulaga mengandung 2 gram serat.

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Rempah-rempah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi sakit perut, kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

Menyehatkan Ginjal

Selain sebagai obat sembelit, rempah ini juga ampuh untuk melancarkan buang air kecil. Kapulaga juga memiliki sifat diuretik yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, kapulaga juga dipercaya dapat mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih tentu akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.