oleh

Ajarkan Buah Hati Mengatur Waktu yang Baik

PortalMadura.Com – Saat anak masih berada di taman kanak-kanak, orang tua lebih banyak terlibat dalam mengatur jadwal mereka. Namun sebenarnya sejak dini anak harus mulai dikenalkan dan diajarkan mengatur waktu dan dibuat jadwal yang teratur.

Hal tersebut penting agar ketika memasuki usia sekolah dasar, anak sudah bisa mengatur waktunya sendiri dan tidak perlu selalu diingatkan. Mereka sudah tahu kapan harus bangun, tidur, bermain dan belajar.

Dilansir dari laman Nakita.Grid.Id berikut ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengajarkan anak mengatur waktu dengan baik.

Buat Lingkungan Belajar yang Membuat Fokus

Ada beberapa anak cenderung memiliki sifat pendiam, dan beberapa anak lain cenderung lebih aktif. Ada anak yang mengerjakan tugas sekolahnya dengan tenang dan mandiri, ada juga yang membutuhkan dampingan dan sedikit bantuan dari orang tua.

Jika anak tidak menyelesaikan tugas sekolahnya dalam waktu yang tepat, periksa kembali dan sesuaikan lingkungan belajarnya. Ciptakan suasana belajar yang tenang untuk anak. Usahakan hindari kegaduhan di rumah dan jauhkan anak dari alat elektronik yang dapat merusak fokusnya.

Gunakan Alat Manajemen Waktu yang Tepat

Mengatur waktu secara efektif, sangat penting untuk memiliki alat yang tepat. Seperti jam, arloji, timer dan tentu saja, kalender atau daftar aktivitas yang harus dilakukan sehari-hari.

Dorong anak untuk mengikuti jadwal aktivitas dan waktu yang telah ditentukan. Tentunya anak akan terbiasa mengatur waktu mereka sesuai jadwal dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Melatih Disiplin Diri

Sebagai orang tua Anda perlu membantu anak-anak untuk meningkatkan disiplin diri dengan memberinya tanggung jawab mengerjakan tugas, baik tugas sekolah atau tugas membantu pekerjaan rumah.

iklan 2

Biarkan anak memahami tanggung jawab yang harus ia kerjakan dan selesaikan sendiri. Hal itu membuat anak menemukan caranya sendiri untuk menyelesaikan semua tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Tentunya hal tersebut dapat membuat anak belajar untuk membagi-bagi waktu agar tanggung jawabnya terselesaikan.

Kelola Waktu Tidur dan Asupan Gizi

Saat seseorang lelah, kedinginan atau lapar, pasti tidak akan bisa berpikir jernih atau fokus dalam mengerjakan sesuatu. Begitu juga dengan anak-anak. Menyediakan makanan yang bergizi dan menerapkan jam tidur yang tepat akan membantu menghindari kurang tidur, yang dapat mengganggu kegiatannya di sekolah.

Anak akan menjadi kurang bertenaga untuk menyelesaikan tugas-tugasnya bahkan ia tidak bisa bermain bersama teman-temannya. Makan makanan yang bergizi, udara segar dan tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan energi dan fokusnya.

Maka dari itu, penting sangat penting jika Anda membantu anak memiliki waktu tidur yang cukup serta memenuhi asupan gizi yang sehat untuknya agar tubuhnya tetap segar setiap hari.

Pantau Penggunaan Elektronik

Saat anak menggunakan gadget atau komputer, Anda harus tetap memantau dan membatasi penggunaannya. Gadget dan komputer atau barang elektronik lainnya dapat menyita waktunya dan membuat mereka lupa akan tugas dan tanggung jawab mereka.

Jika dibiarkan, maka anak akan cenderung malas untuk melakukan sesuatu termasuk tugas sekolahnya. Gadget atau komputer terkadang dapat membantu anak menyelesaikan tugas sekolahnya, untuk browsing misalnya, dan juga dapat bermanfaat sebagai sarana hiburan bagi anak setelah melewati aktivitas di sekolah yang melelahkan.

Berikan arahan bahwa penggunaan gadget dan komputer ada batasannya. Tidak boleh terus-menerus menatap layar gadget atau komputer karena berbahaya bagi kesehatan matanya.

Membiasakan anak untuk mengatur waktunya adalah hal yang penting yang dapat dilakukan agar anak terbiasa untuk disiplin dan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan apapun. Lakukan kegiatan tersebut sejak dini, maka kebiasaan baik ini akan dibawa anak sampai ia dewasa.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : nakita.grid.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar