oleh

Bulan Sya’ban Datang, Yuk Sambut dengan Baca Doa Ini

PortalMadura.Com – Sebagai umat muslim pasti pernah mendengar istilah malam nisfu sya’ban. Salah satu bulan dalam sistem kalender hijriah yang penuh berkah ini terselip di antara Rajab dan Ramadan.

Walaupun tidak termasuk dalam bulan-bulan haram, Sya’ban juga menyimpan banyak kemuliaan yang jarang orang ketahui atau bahkan mengabaikannya. Nah, berhubung sekarang memasuki bulan Sya’ban, alangkah lebih baik menyambutnya dengan membaca doa agar mendapat keutamaannya.

Baca: Luar Biasa, Inilah Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Yang Wajib Anda Ketahui

Bagaimana doanya?. Baca penjelasan berikut ini terlebih dahulu:

Dalam sebuah hadis muttafaq ‘alaihi (diriwayatkan sebagian besar ahli hadis), Aisyah RA pernah bercerita mengenai perilaku Rasulullah pada bulan Sya’ban dan Ramadan,

Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa selama sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadan. Dan aku tidak pernah melihat beliau banyak melakukan puasa di luar Ramadan kecuali pada bulan Sya’ban“.

Dalam riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda,

Sya’ban itu bulan antara Rajab dan Ramadan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini (Sya’ban) amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku ingin amalku diterima oleh Allah di bulan Sya’ban dalam keadaan aku berpuasa“.

Meski terdapat kemuliaan pada Sya’ban, sebagian orang sering lupa atau bahkan mengabaikannya. Pikirannya mungkin sudah terfokus pada Ramadan, sehingga melupakan Sya’ban.

Jadi, yuk sambut Sya’ban dengan doa ini untuk mendapatkan keutamaannya, doa yang dianjurkan yaitu:

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna ramadan. Artinya: ” Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan“.

Demikian doa tentang menyambut bulan Sya’ban. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam(dream.co.id/Putri)

Komentar