Bulog Tegaskan Tak Impor Beras Hingga 2019

Avatar of PortalMadura.Com
Bulog Tegaskan Tak Impor Beras Hingga 2019
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum ) menegaskan Indonesia tidak membutuhkan impor beras .

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam seminar di Jakarta, Senin, menegaskan hal tersebut karena meyakini kondisi ketahanan pangan terjaga pada tahun politik ini.

Menurut dia, Bulog akan terus melaporkan kondisi ketahanan pangan sesuai dengan data yang ada. Dia mengaku telah mengatakan ke Presiden pada saat dilantik sebagai Dirut Bulog bahwa Indonesia tidak perlu impor karena merupakan Negara agraris. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (24/9/2018).

Ketahanan pangar tanpa impor menurut Waseso bisa dengan mudah diwujudkan. Caranya dengan melakukan sinergi antar semua pihak terkait dan menyerap produk pangan lokal sehingga memberikan bantuan kepada para petani.

“Miris kalau kemudian negara agraris besar seperti Indonesia menuntut pangan impor dan bangga makan produk luar Negeri atau impor itu,” tegas Waseso.

Kebijakan impor menurut Waseso tidak berpihak kepada petani. Oleh karena itu, Bulog menurut dia, terus berupaya untuk melakukan penyerapan terhadap hasil tani dalam Negeri, mulai dari beras, bawang merah, kedelai, dan lainnya.

“Semua itu dilakukan selain untuk mendukung ketahanan pangan, tetapi juga memberikan dukungan kepada petani,” tambah dia.

Apabila petani tidak mendapatkan dukungan, menurut Waseso, akan membuat mereka kehilangan semangat untuk menanam dan akan berdampak buruk terhadap kondisi pangan dalam Negeri.

“Saya harap masalah pangan ini betul-betul dikuasai Negara dan dipegang oleh orang-orang yang punya integritas jelas terhadap bangsa,” imbuh Waseso.

Dia mengatakan kebijakan impor justru menimbulkan permasalahan karena beras yang diimpor tidak bisa diangkut sekaligus karena sulit mendapatkan tempat untuk menampungnya.

“Sedangkan impor sudah berjalan. Pada hari ini dan kemarin (beras impor) sudah berdatangan,” ungkap dia. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.