Bumil, Kenali Ciri-ciri Anda Alami Keguguran

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Kenali Ciri-ciri Anda Alami Keguguran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan bayi dalam kandungan memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, risiko keguguran bisa terjadi karena berbagai hal. Untuk itu, () perlu mengenali ciri-cirinya dan apa saja yang harus dilakukan bila mengalami hal menakutkan tersebut.

Menurut dr Noviyanti, SpOG dari RS Mayapada Tangerang, normalnya ibu tidak mengeluarkan cairan apapun dari vagina. Karenanya, perlu curiga bila ada flek hitam keluar dari organ tersebut.

“Ditandai dengan yang hebat, seperti saat mau . Karena kan diperes rahimnya, baru nanti darah dan flek hitamnya keluar. Karena seorang wanita yang hamil itu normalnya tidak mengeluarkan apapun dari vaginanya. Baik itu satu tetes atau tiga tetes pun tidak mengeluarkan darah segar,” jelas dr Novi.

Baca Juga: Yuk Dicoba, Cara Alami Cegah Keguguran di Masa Awal Kehamilan!

Nah, apabila mengalami ciri-ciri tersebut, dr Novi menyarankan untuk segera memeriksakan diri. Dokter kandungan akan melakukan USG untuk memastikan kehamilannya normal atau ada masalah.

“Kalau normal biasanya dokter akan menyarankan dan memberi obat untuk menguatkan janin,” tambahnya.

Namun, jika ada ketidaknormalan atau bahkan keguguran, dokter bisa saja menyarankan kuret untuk menyelamatkan nyawa ibu. Kuret merupakan nama alat operasi yang digunakan untuk mengeluarkan janin dari dalam rahim. Maka dari itu, bumil perlu lebih berhati-hati dalam beraktivitas atau dalam mengonsumsi makanan agar bayi tetap sehat di dalam kandungan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.