oleh

Buncis, Sayuran Murah yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Buncis termasuk dalam golongan sayuran yang murah dan mudah ditemukan ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buncis juag terkenal sebagai makanan sumber serat, folat, mangan, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Manfaat buncis untuk kesehatan sangat beragam. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (14/4/2021), berikut manfaat buncis untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan pada buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Rutin mengonsumsi makanan sehat, termasuk buncis dan kacang-kacangan, berisiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Buncis mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk pencernaan, karena dapat membantu merangsang pergerakan usus sekaligus mencegah sembelit. Buncis juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet, karena rendah kalori dan tidak mengandung lemak, namun tinggi serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C pada buncis berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan penting dalam pembentukan kolagen.

Memelihara Kesehatan Mata

Vitamin A pada buncis sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, organ reproduksi, memperkuat sistem imun tubuh, dan mencegah kanker.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar