Bunda, Begini 8 Cara Latih Kemampuan Berbicara Balita

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini 8 Cara Latih Kemampuan Berbicara Balita
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat anak memasuki usia 3 sampai 5 tahun, perkembangan berbahasa si kecil menempati posisi penting. Dibanding masa sebelumnya, kemampuan bicara mereka semakin meningkat.

Di usia tersebut, anak seharusnya sudah bisa diajak berkomunikasi, bisa mengungkapkan keinginan, juga menyampaikan keberatannya secara verbal. Apalagi bila anak sudah masuk sekolah, misalnya di kelompok bermain atau taman kanak-kanak, si kecil akan memperoleh kesempatan berkomunikasi dengan teman sebaya.

Selain itu, perbendaharaan katanya pun bertambah banyak, termasuk kata-kata yang mungkin mereka dengar dan tiru dari teman atau gurunya. Nah, supaya perkembangan bicara anak semakin optimal, orang tua perlu memberi si kecil bantuan. Misalnya dengan melatih kemampuan anak berbicara.

Berikut delapan cara melatih :

Jadi Pendengar yang Baik
Menjadi pendengar yang baik sangat penting, terutama saat anak mulai suka bercerita tentang lingkungan barunya, misalnya mengenai sekolah, teman-teman dan guru.

Cobalah hentikan aktivitas Anda sejenak dan dengarkan anak dengan penuh perhatian agar Anda benar-benar menangkap apa yang hendak disampaikannya. Perhatian Anda akan membuat anak merasa dihargai dan memacu anak untuk bercerita lebih banyak lagi.

Bijak Pilih Kata
Berbicaralah selalu pada anak menggunakan kalimat dengan kata-kata yang baik dan sopan. Perhatikan juga susunan kalimat atau tata bahasa Anda saat berbicara dengan mereka. Ingat, anak adalah peniru ulung. Jika Anda tidak ingin mereka meniru segala sumpah serapah yang Anda ucapkan, mulailah berhati-hati dalam berbicara.

Perbaiki Tata Bahasanya

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.