Bunda, Begini Cara Agar Si Kecil Gemar Aktivitas Mendongeng

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini Cara Agar Si Kecil Gemar Aktivitas Mendongeng
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman teknologi dan media sosial ini, memang tak dapat dipungkiri menurunnya minat seseorang pada buku terutama anak-anak. Mereka juga kehilangan minat mendongeng. Bahkan, saat ini banyak orang tua yang meninggalkan kebiasaan mendongeng pada buah hatinya.

Pendongeng dan Pemerhati Anak Awam Prakoso sangat menyayangkan hal ini, menurutnya mendongeng adalah salah satu cara untuk meningkatkan literasi dan mengembangkan imajinasi anak.

“Karena gerakan literasi, bukan hanya untuk orang tua, tapi juga untuk anak. Dengan membacakan dongeng ke anak, mereka jadi tergerak dan berimajinasi, juga tertarik untuk membaca,” katanya.

Lebih lanjut ia menyarankan bahwa untuk menumbuhkan minat membaca dan literasi pada anak, orang tua juga harus cermat dalam memilihkan cerita bagi anak. Selain itu, orang tua juga harus tahu selera bacaan yang digemari anak, sehingga mereka makin tertarik untuk membaca.

Baca Juga: 7 Cara Mendongeng yang Menyenangkan Bagi Anak

“Misalnya kalau laki-laki suka yang tema adventure, atau perempuan juga suka ada yang adventure. Atau misal juga berkebun dan juga memasak, intinya yang bisa membuat mereka tertarik,” ujarnya.

Selain itu, orangtua juga harus pintar memilih waktu ketika ingin membacakan dongeng. Ia menyarankan untuk tidak membacakan dongeng pada waktu bermain anak. Karena menurutnya anak tetap butuh bermain untuk perkembangannya.

Ia juga melanjutkan bahwa hal tersebut bisa juga dilakukan ketika mau tidur, karena pada saat itu gelombang alphanya terbuka dan ia siap menerima cerita yang didongengkan.

Itulah cara yang bisa Bunda lakukan agar sang buah hati gemar kegiatan mendongeng. Semogan bermanfaat

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.