oleh

Bunda, Ini 3 Tips Efektif Tumbuhkan Rasa Empati Pada Anak Sejak Dini

PortalMadura.Com – Salah satu tugas orang tua pada anaknya, yaitu bisa memiliki rasa empati. Namun, untuk menumbuhkan sikap ini bukanlah perkara yang mudah, hal ini perlu dimulai sejak dini.

Jika anak sudah terbiasa berempati dengan orang lain, maka akan terbawa hingga sisa hidupnya. Bahkan, berbagai macam kebaikan yang dilakukan anak bisa membuat orang lain merasa nyaman dan bahagia di dekatnya.

Berikut tiga hal sederhana yang bisa Anda ajarkan agar si kecil bisa memiliki rasa empati sejak dini:

Menghibur Orang Lain
Ajari si kecil untuk peduli pada perasaan orang lain. Kemudian, ajarkan mereka untuk menghibur seseorang yang sedang sedih. Baik itu temannya sendiri maupun orang asing yang membutuhkan semangat.

Ketika tetangga Anda sudah lama tidak terlihat, tanyakan bagaimana keadaan mereka. Jika seorang teman sedang sedih, berikan pelukan sebagai tanda dukungan.

Berikan Bantuan pada yang Membutuhkan
Jika Anda melihat orang lain sedang mencari sesuatu yang hilang di taman atau di jalanan dekat Anda berdiri, tanyakan kepada mereka apa yang bisa dibantu. Hal ini perlahan membentuk karakter anak untuk memberikan bantuan pada siapapun yang membutuhkan.

Ucapkan Sapaan dan Terima Kasih pada Orang Lain
Ajari si kecil untuk memuji tindakan atau penampilan orang lain. Dengan begitu, orang lain merasa diperhatikan dan dihargai. Ajarkan pula untuk menyapa orang lain lebih dulu dengan sapaan “Selamat pagi” atau sapaan lainnya.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah ajarkan mengucapkan terima kasih pada orang yang telah memberikan sesuatu atau bantuan untuknya. (okezone.com/Salimah)


Komentar