oleh

Kuliner Khas Lombok: Ini Resep Ayam Taliwang Bikin Lidah Bergoyang

PortalMadura.Com – Diantara beberapa macam daging, siapa coba yang tidak suka dengan daging ayam?. Makanan ini sangat banyak peminatnya lantaran rasanya yang enak dan bisa menggugah selera.

Ada berbagai jenis masakan yang berbahan dasar ayam, tapi sudahkah Anda mencoba ayam taliwang khas Lombok?. Dagingnya yang di panggang dan dilumuri dengan bumbu cabai sangat cocok bagi Anda penyuka makanan pedas. Apalagi daging ini memiliki tekstur yang empuk tentu semakin memanjakan lidah para penikmatnya. Penasaran ingin mencoba?. Yuk ikuti resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung (cuci bersih, sisihkan jeroannya)
2 buah jeruk limau (ambil airnya)
Minyak goreng (secukupnya)
Garam (secukupnya)

Bumbu Halus:

6 buah cabai merah besar (buang isi)
10 buah cabai rawit
14 siung bawang merah
7 siung bawang putih
2 buah tomat
1 sdt terasi
5 cm kencur
2 sdt gula merah
Garam (secukupnya)
Minyak goreng (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat:

Pertama, cuci bersih daging ayam lalu lumuri dengan air jeruk dan garam secukupnya. Diamkan kira-kira selama 20 menit.

Kemudian, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum. Untuk menghaluskan bumbu, usahakan agar menghaluskan dengan cobek agar rasanya makin sedap dan tekstur bumbu semakin menggugah selera.

Oleskan bumbu yang telah ditumis ke daging ayam secara merata dan oleskan hingga bagian dalam ayam.

Terakhir, panggang daging ayam hingga matang dan empuk. Agar daging ayam matang sempurna, tusuk-tusuk daging ayam bagian dalam menggunakan pisau. Ayam taliwang khas Lombok pun matang dan siap disajikan.

Gimana, resep yang sangat mudah bukan?. Agar rasa ayam taliwang ini semakin lezat, Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya. Selamat mencoba dan semoga keluarga di rumah suka. (vemale.com/Putri)


Komentar