Bunda, Ini 4 Cara Efektif Biasakan Si Kecil Tidur di Kamar Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Cara Efektif Biasakan Si Kecil Tidur di Kamar Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Melatih anak untuk tidur sendiri sejak dini perlu dilakukan setiap orang tua. Kenyataannya, si kecil bisa dilatih tidur di kamar sendiri pada usia 2-3 tahun. Akan tetapi menurut seorang psikologi, Monica Sulistiawati, di usia 6-7 tahun merupakan waktu yang efektif untuk anak memiliki privasi sendiri.

Untuk orang tua yang masih bingung bagaimana mengarahkan si kecil untuk biasa tidur sendiri sejak balita, ada beberapa cara yang bisa mereka lakukan. Penasaran?.

Berikut empat cara membiasakan anak bisa tidur di kamar sendiri:

Siapkan Kamar yang Nyaman
Ketika si kecil punya kamar yang nyaman, maka ia anak akan merasa memiliki ‘rumah’ untuknya. Anda bisa menyiapkan segala peralatan seperti desain kamar, warna sprei, gorden, atau pernak-pernik lainnya untuk mempercantik kamar. Dengan begitu, anak akan merasa memiliki kamar tersebut dan merasa betah.

Beri Sentuhan Sayang
Anda bisa mencium, memeluk, ataupun membelainya saat si kecil mau tidur. Sikap ini akan bisa membuat anak merasa tenang dan nyaman.

Beri Nyanyian Biar Tenang
Selain sentuhan, Anda juga bisa bernyanyi atau bersenandung lembut sampai anak mengantuk dan tidur. Sesekali cobalah memberinya hadiah atas usahanya untuk tidur sendiri.

Biasakan Secara Perlahan
Anak yang terbiasa tidur dengan orang tua, akan merasa kaget jika tiba-tiba diminta untuk tidur sendiri di kamar yang terpisah. Hal ini akan membuatnya trauma dan susah tidur, bahkan merasa disingkirkan oleh orang tua. Untuk menghindarinya, Anda bisa membiasakan si kecil untuk tidur sendiri secara perlahan.

Selain itu, usahakan untuk konsisten melakukan kebiasaan ini. Dengan begitu, si kecil akan mandiri dan bisa tidur sendiri di kamarnya. Anggaplah hal ini sebagai proses belajarnya untuk bisa menjadi mandiri. Jika anak sudah terbiasa dan tiba-tiba meminta untuk tidur dengan Anda, bisa saja si kecil lagi kangen dengan orang tuanya. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.