oleh

Bunda, Ini 4 Cara Menyusui Saat Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

PortalMadura.Com – Ketika si kecil sudah mulai tumbuh gigi, menyusui pun bisa jadi semakin menantang. Seorang ibu tentu akan merasa tidak nyaman karena bayi akan menggigit dan menarik puting payudaranya.

Bahkan, si kecil pun akan menjadi lebih rewel dari biasanya. Fase ini biasanya mulai dari bayi berusia 4 hingga 7 bulan.

Nah, bagi Anda yang akan mengalami hal ini, berikut empat cara yang bisa dicoba agar menyusui bisa tetap nyaman tanpa takut puting payudara terluka:

Berikan Bayi Mainan Kenyal
Bayi akan menggigit puting susu ibu saat menyusu sebagai usahanya untuk meredakan rasa sakit dan gatal pada gusinya. Karena itu, ibu bisa mencoba memberikan mainan kenyal atau teether yang bisa digigit sebelum dan sesudah menyusui.

Loading...

Baca Juga: Bunda, Begini Posisi Menyusui Si Kecil yang Benar Saat Anda Alami Puting Lecet

Pijat Gusi Si kecil
Sebelum menyusui, ibu bisa memijat gusi si kecil agar nyaman. Gusi bayi akan bengkak dan memerah karena gigi yang tumbuh. Saat gusi terasa nyaman, si kecil tidak akan banyak menggigit puting payudara ibu.

Selipkan Jari Ibu di Antara Mulut Bayi dan Puting
Ibu juga bisa menyelipkan jari di antara mulut bayi dan puting. Letakkan saja telunjuk dan kelingking ke sudut mulut bayi di antara gusinya.

Mengubah Posisi Menyusui
Mengubah posisi menyusui bisa mencegah puting yang membengkak akibat gigitan bayi. Pilih posisi menyusui yang nyaman dan bisa melakukan kontak mata dengan si kecil. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar