oleh

Bunda, Ini 4 Manfaat Bayi Menangis yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Sebagian orang mungkin merasa bingung sendiri kenapa bayi sering menangis. Sebenarnya, balita menangis bisa karena berbagai macam alasan dan penyebab. Pada dasarnya, mereka menangis merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi.

Selain itu, teryata menangis bisa memberi manfaat tersendiri pada bayi. Sebagaimana pakar kesehatan menyebutkan, bahwa menangis itu hal yang alami dan baik untuk bayi. Mengapa demikian?.

Berikut empat manfaat bayi menangis bagi kesehatannya:

Mendapatkan Udara untuk Bernapas
Bayi yang baru lahir umumnya akan menangis. Tangisan pertama bayi ini membantu paru-parunya untuk mendapatkan udara dan bernapas. Di fase ini, menangis adalah caranya untuk bisa bernapas.

Membantu Bayi Berkomunikasi
Karena bayi masih belum bisa bicara atau berbahasa, menangis adalah caranya untuk berkomunikasi. Saat dia ingin sesuatu, membutuhkan bantuan, atau ingin diperhatikan, biasanya bayi akan menangis.

Anda sebagai orang tua perlu memberinya perhatian saat si kecil menangis. Agar komunikasi bisa tetap jalan dan bayi merasa nyaman.

Loading...

Menangis sebagai Olahraga
Percaya atau tidak, menangis adalah salah satu bentuk olahraga. Ketika bayi menangis, banyak otot tubuhnya yang tertarik atau berkontraksi. Tapi sebaiknya jangan membiarkan bayi menangis terlalu lama.

Kalau tangisannya malah susah diredakan, hati-hati dengan bahaya lain yang mengintai, seperti karena penyakit atau gangguan lainnya.

Melepaskan Stres
Menangis juga membantu melepaskan emosi atau tekanan yang dirasakan. Pada bayi pun, menangis bisa membantunya melepaskan stres. Malah kalau bayi Anda tidak pernah menangis sama sekali, Anda perlu waspada. Pasalnya, bayi yang sangat jarang menangis bisa jadi tanda ia sedang mengalami tekanan atau memendam emosi negatifnya sendiri.

Bayi menangis merupakan hal yang lumrah. Ternyata memang ada sejumlah manfaat yang didapat bayi saat ia menangis. Untuk itu, Anda harus lebih peka lagi dengan semua yang dirasakan si kecil agar bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan baik. (vemale.com/Salimah)



Komentar