oleh

Bunda, Ini 5 Cara Mudah Ajarkan Anak Baca Alquran

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan telah meninggalkan umat Islam. Kendati demikian, mereka tetap dianjurkan untuk terus memperbanyak melakukan ibadah. Salah satunya dengan tetap mengajarkan si kecil berbagai macam ibadah agar anak belajar mengenalnya, termasuk membaca kitab suci Alquran.

Bagi sebagian orang tua, mengajarkan anak membaca Alquran memang bisa menjadi suatu aktivitas yang memusingkan, sehingga pengajaran Alquran kemudian diserahkan sepenuhnya kepada guru mengaji.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengajarkan sendiri anak mengenal bacaan Alquran, itu lebih baik. Ada beberapa cara mudah agar Anda bisa mengajarkan anak membaca Alquran.

Nah, berikut ini lima cara mudah mengajarkan anak membaca Alquran:

Dengarkan Alquran Sejak Anak Dalam Kandungan
Agar anak terbiasa dengan ayat-ayat di dalam Alquran, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperdengarkan Alquran setiap hari, dimulai sejak anak masih berada di dalam rahim. Jika yang paling sering didengar anak adalah Alquran, maka akan lebih mudah baginya untuk mencintai Alquran dan mempelajarinya.

Gunakan Metode yang Menyenangkan
Masa balita adalah masa bermain, karena itu kegiatan mengenal Alquran pun harus dibuat menyenangkan seperti permainan. Dengan cara ini, si kecil akan menikmati belajar mengenal huruf Alquran dan membaca Alquran sama halnya saat anak menikmati kegiatan bermain.

Loading...

Membaca Secara Rutin
Tentu orang tua sudah paham bahwa Anda bisa menguasai suatu keterampilan dengan mudah jika Anda berlatih dan melakukannya terus-menerus atau berulang kali. Begitu juga dengan membaca Alquran. Jika anak dilatih terbiasa mengenal dan membaca ayat-ayat Alquran secara rutin, maka si kecil akan bisa menguasainya dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Ini 3 Kebaikan yang Didapatkan Orang Tua Saat Ajarkan Alquran pada Anak

Menceritakan Kisah-kisah di Dalamnya
Untuk membuat anak senang belajar membaca Alquran, Anda juga bisa menceritakan kisah-kisah yang terdapat dalam kitab suci tersebut. Misalnya kisah tentang para Nabi dan Rasul utusan Allah SWT, dan juga banyak kisah menarik lainnya yang bisa diambil hikmahnya.

Selalu Sabar
Salah satu yang terpenting dalam proses mengenalkan anak pada bacaan Alquran adalah sikap selalu sabar dengan proses belajar si kecil. Anda mesti ingat, kemampuan belajar setiap anak masing-masing berbeda, sehingga hasil yang didapat juga tidak akan sama kecepatannya.

Namun, satu hal yang perlu Anda percayai, anak Anda akan bisa melakukannya jika si kecil belajar dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan dukungan dari Anda setiap waktu.


Rewriter : Salimah
Sumber : motherandbaby.co.id

Komentar