Bunda, Ini 5 Trik Jitu Bikin Si Kecil Nyenyak Tidur di Malam Hari

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 5 Trik Jitu Bikin Si Kecil Nyenyak Tidur di Malam Hari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, anak yang kurang segar di pagi hari disebabkan karena kualitas tidurnya di malam hari kurang baik atau tidak nyenyak. Untuk itu, orang tua perlu menjaga dan mengusahakan agar si kecil tidur nyenyak di malam hari. Terutama, bagi anak yang baru saja dipercaya tidur di kamarnya sendiri.

Selain itu, orang tua pun perlu mendisiplinkan jam tidur anak agar mereka tidak kemalaman tidurnya. orang tua juga perlu memastikan mereka merasa nyaman di kamarnya.

Seorang pakar kesehatan tidur mengungkapkan cara-cara sederhana yang dapat digunakan orang tua untuk membuat anak-anaknya nyaman di tempat tidur mereka sendiri dan memiliki tidur malam yang berkualitas. Apa saja triknya?.

Berikut lima cara agar anak lebih nyenyak tidur di malam hari:

Jika Tidurnya Terpisah Kamar, Beri Pendekatan yang Baik
Perlu pendekatan yang baik jika Anda ingin anak tidur di kamarnya sendiri. Seorang CEO dari The Children’s Sleep Charity, Vicki Dawson, mengatakan, anak sering melalui tahap yang menakutkan tentang tidur di kamar mereka sendiri.

“Banyak keluarga memilih untuk tidur bersama dan tidur nyenyak di malam hari, tetapi itu tidak untuk sebagian orang tua,” tutur Vicki.

Nah, lebih baik Anda perlahan memberi pengertian kepada anak bahwa tidur sendiri itu bisa membuat diri mereka lebih berani dan percaya diri.

Konsistensi adalah Kunci
Rutinitas sangat penting untuk anak kecil, dan cenderung gagal jika Anda tidak konsisten. Beri kesempatan pada anak untuk menyesuaikan kegiatan rutinnya, setidaknya dua minggu untuk memungkinkan pola tidur membaik.

Buat Kamar Anak Menjadi Nyaman
Tanyakan kepada anak apakah ada yang membuatnya sering terbangun atau takut dan tidak nyaman. Apakah terlalu gelap, terlalu panas, atau terlalu dingin. Selesaikan masalah ini di siang hari untuk membuat anak merasa nyaman.

Pendiri ChannelMum, Siobhan Freegard, merekomendasikan lampu sorot untuk dipasang di kamar anak. “Lampu sorot di malam itu menyejukkan dan dapat membantu anak-anak yang cemas, yang takut pada kegelapan. Orang tua juga bisa putar musik lembut untuk membantu tidur mereka,” ujarnya.

Lakukan Co-sleeping
Menemani mereka tidur untuk satu atau dua malam dapat membantu anak merasa nyaman. Ketika mereka sudah nyaman dan terlelap, Anda bisa bergegas pindah ke kamar sendiri.

Biarkan Anak Bermain di Kamar Saat Siang Hari
Kamar tidur anak seringkali menjadi tempat yang digunakan hanya di malam hari. Jika semua yang mereka lakukan di sana adalah tidur, hal ini dapat menyebabkan mereka mengasosiasikannya dengan sendirian atau berada dalam kegelapan. Dengan memungkinkan mereka menghabiskan satu jam atau lebih di sana dalam sehari, mereka akan mulai bersantai dan mengasosiasikannya dengan hal-hal positif. (haibunda.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.