Bunda, Ini 6 Permainan untuk Rangsang Daya Ingat si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 6 Permainan untuk Rangsang Daya Ingat si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kemampuan memori tiap berbeda dan tidak semata-mata ditentukan oleh faktor genetik. Pun ditentukan oleh rangsangan (stimulasi) dan pembentukan yang dimulai sejak dini.

Beberapa jenis mainan yang dapat merangsang daya ingat, yaitu :

Puzzle dan bongkar pasang

puzzle dan bongkar pasang dapat digunakan untuk merangsang daya ingat. Permainan ini mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan. Saat si Kecil menyusun kepingan puzzle, maka akan meningkatkan kecerdasan kognitifnya.

Permainan aneka bentuk dan warna

Permainan aneka bentuk dan warna seperti bintang, segitiga, lingkaran, persegi, bulan sabit atau aneka bentuk lainnya dapat digunakan untuk melatih daya ingat anak. Ketika bermain dengan alat-alat tersebut, si Kecil akan mencoba melihat, mengamati kemudian mengingat nama dari bentuk dan warna tersebut.

Bermain Musik

Pada dasarnya, permainan alat musik berguna untuk melatih koordinasi antara mata, tangan dan pendengaran. Saat si Kecil memainkan lagu dengan keyboard, maka dia akan mencoba mengingat rangkaian nada dan tuts yang harus ditekan. Begitu pula ketika ia bermain drum. Anak harus memperhatikan suara yang ditimbulkan dari drum yang ditabuh sehingga enak didengar. Aktivitas ini dimaksudkan untuk melatih dan mengembangkan kecerdasan kognitif balita.

Mewarnai

Mewarnai merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan buat anak. Kemampuan otak si Kecil terasah saat dia diminta untuk menyeimbangkan komposisi warna. Kegiatan ini sekaligus melatih motorik halus si Kecil sebab ia akan belajar memegang pensil warna atau crayon dengan benar.

Menebalkan angka, huruf, ataupun gambar

Saat memegang pensil atau pena untuk menebalkan angka, huruf atau gambar, maka kemampuan motorik kasar atau motorik halus anak lebih terasah. Selain itu, aktivitas ini juga dapat digunakan untuk melatih kemampuan kognitif dan keterampilan si Kecil. (dancow.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.