Bunda, Ini Bahaya Anak Terlalu Bayak Minum Susu

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini Bahaya Anak Terlalu Bayak Minum Susu
Ilustrasi (review.bukalapak.com)

PortalMadura.Com – Manfaat susu penting sebagai sumber kalsium, protein, lemak, serta berbagai vitamin untuk tumbuh kembang anak. Konsumsi susu memang dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhannya. Namun, pemberian susu harus dengan takaran yang cukup.

Terlalu banyak minum susu justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada anak. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (2/4/2021), berikut bahaya anak terlalu banyak minum susu:

Sulit

Susu tidak mengandung serat, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu anak sulit buang air besar atau sembelit. Selain itu, anak yang terlalu banyak minum susu akan merasa kenyang dan malas mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti sayur dan buah-buahan.

Kelebihan Berat Badan

Susu sapi formula umumnya tinggi kalori dan lemak, sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak, dapat membuat anak mengalami kelebihan berat badan hingga .

Kekurangan

Tidak semua susu anak telah diperkaya dengan zat besi. Padahal, mineral ini diperlukan untuk penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi, anak bisa nampak letih, malas makan, hingga sering sakit. Ketika anak terlalu banyak minum susu, ia kemungkinan akan menjadi lebih malas makan karena sudah terlanjur kenyang. Hal ini bisa membuatnya kekurangan asupan makanan yang mengandung zat besi, sehingga ia lebih berisiko mengalami anemia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.