Bunda, Ini Cara Mencegah Eating Disorder Pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini Cara Mencegah Eating Disorder Pada Anak
Ilustrasi (nau.ch)

PortalMadura.Com – Gangguan makan pada remaja merupakan kondisi yang serius karena berefek negatif pada kesehatan, kestabilan emosi dan kemampuannya untuk melakukan macam-macam hal. Anak biasanya mulai peduli pada tubuh ketika menginjak usia remaja. Keinginan untuk memiliki bentuk tubuh yang indah mulai muncul pada usia ini.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (15/4/2021), berikut cara mencegah eating disorer pada anak:

Ajarkan Anak Untuk Mencintai Tubuh Sendiri Lebih Dulu

Kecemasan orangtua ini dapat memengaruhi anak. Ketika berat badan anak bertambah pun, kita bisa menjadi cemas anak akan kegemukan. Kecemasan orangtua ini dapat memengaruhi anak. Anak bisa jadi ikut merasa cemas pada hal tersebut dan menganggap ada yang salah pada dirinya.Hal ini tentu sangat tidak baik bagi pertumbuhan anak. Dimana orangtua perlu belajar mencintai tubuh sendiri dulu agar anak juga mencintai tubuhnya.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

Jangan Pernah Mengomentari Tubuh Orang Lain

Orangtua adalah teladan bagi anak. Jika orangtua mengomentari tubuh orang lain, makan anak juga akan selalu memerhatikan bentuk tubuh orang lain. Jika demikian, anak akan selalu berpikir tentang bentuk tubuh ketika melihat orang lain dan dirinya sendiri. Hal ini akan mengganggu bagi kehidupan anak sehari-hari.

Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Dan Olahraga

Kebiasaan ini akan membuat tubuh terjaga dan sehat. Imbangi pula dengan berolahraga. Jadilah role model bagi anak dan ajaklah mereka untuk ikut melakukannya.

Perhatikan Nutrisi Makanan Yang Dikonsumsi

Ada banyak makanan yang nutrisi dalam makanan olahan sangatlah kurang, salah satunya makanan olahan dirancang untuk bertahan lama dan memberikan rasa yang memuaskan. Pastikan anak Anda tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang siap saji.

Baca Juga:  Jurnalis di Sumenep Belajar Cek Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.