Bunda, Ini Cara Mengajarkan Anak Bekerja Sama

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini Cara Mengajarkan Anak Bekerja Sama
Ilustrasi (aksi.id)

PortalMadura.Com – Kerjasama merupakan salah satu kemampuan sosial yang dibutuhkan anak sepanjang hidupnya? Sikap kerjasama perlu ditanamkan sejak dini, agar kelak anak tidak tumbuh sebagai pribadi yang egois.

Dengan mengajarkan sikap kerjasama, anak dapat memahami konsep bersosialisasi, yakni bahwa dia membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah. Namun, mengajarkan sikap kerjasama pada anak tentunya tidak mudah.

Untuk membantu anak bisa bekerja sama, orang tua perlu ikut aktif membimbingnya. Saat anak berusia enam bulan, kita sudah bisa membimbingnya untuk bekerja sama. Melansir dari Fimela.Com, Jumat (28/5/2021) Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba dalam :

Beri Alasan atas Setiap Permintaan dan Batasan

Ketika berusia tiga tahun, sebagian besar anak sudah menggunakan dan memahami bahasa dengan baik. Saat menjelaskan aturan, batasan, atau larangan kita perlu memberi alasan.

Latihan Bergiliran

Anak usia 6-9 bulan sudah bisa diajak untuk melakukan interaksi bergiliran, bahkan anak juga mulai belajar untuk meniru. Ini waktu terbaik untuk melatih anak bergiliran. Misalnya, saat bermain, kita bisa mengajak anak bergiliran memasukkan mainan ke dalam tempatnya satu per satu. Pengalaman semacam ini dapat membantu anak merasakan kebahagiaan bisa menyelesaikan sesuatu sebagai satu tim.

Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Izinkan anak tumbuh dengan merasakan keuntungan bekerja sama. Libatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga yang ringan. Sebagai contoh, meminta anak untuk membantu menyapu lantai sementara kita membersihkan kaca jendela.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.