Bunda, Ini Cara Menumbuhkan Rasa Berani Pada Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini Cara Menumbuhkan Rasa Berani Pada Si Kecil
Ilustrasi (klikdokter.com)

PortalMadura.Com – Anak-anak yang terlalu memiliki rasa takut yang terlalu berlebihan terhadap apapun seringkali membuat kedua orangtuanya merasa gemas.

Sebagai orangtua Anda tidak boleh membiarkan anak berlarut dalam ketakutannya secara terus menerus. Karena anak akan merasa trauma, terbiasa ditakut-takuti dan tidak nyaman dengan lingkungan sekelilingya.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (26/4/2021), berikut cara mengatasi rasa takut pada anak:

Berikan Contoh Sikap Berani Pada Anak

Mengajarkan keberanian bisa dilakukan dengan memberikan contoh nyata untuk si Anak setiap harinya. Lakukanlah segala sesuatu yang mencerminkan sebuah contoh keberanian saat bersama dengannya.

Redam Emosi Saat Mendidik Anak

Berusahalah untuk meredam emosi untuk tidak memarahi, membentak bahkan mengancam anak dengan hukuman setiap kali dirinya merasa takut. Perlu disadari bahwa cara mendidik seperti itu hanya akan semakin membuat anak mama bertambah takut dan tertekan.

Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Anak tidak akan pernah bisa menjadi sosok pemberani jika Anda terus memanjakannya dan selalu menolongnya setiap kali dihadapkan oleh rasa takut. Berusahalah untuk mendorong Anak untuk bisa menjadi sosok yang mandiri dengan memberi semangat dan pengertian bahwa dirinya mampu menghilangkan rasa manja yang ada.

Baca Juga:  Kenalkan Sejarah Pabian Lewat Festival 'Jaga Jaggur'

Berikan Apresiasi Atas Sikap Keberaniannya

Anda harus mengetahui bahwa sebuah pujian akan menumbuhkan rasa percaya diri si Anak. Kesederhanaan sebuah kalimat pujian akan memiliki magnet tersendiri bagi semua orang yang menerimanya. Jadi, berusahalah untuk selalu mengapresiasi setiap anak mama melakukan sebuah keberanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.